Cerita Sejarah Bola Basket Indonesia : Pelita Jaya Masuk Lima Besar Asia, Hajar Iran dan Korea

Kalahkan KCC Egis 98-91, Pelita Jaya gagal ke semifinal BCL Asia
Kalahkan KCC Egis 98-91, Pelita Jaya gagal ke semifinal BCL Asia (Foto : IG Pelita Jaya)

Antv – Tim bola bakset Pelita Jaya luar biasa di FIBA Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Runner Up IBL Indonesia musim 2023 ini  membuat tim lawan mendadak menjadi ompong di liga antarklub basket Asia.

Di babak utama FIBA BCL Asia 2024 yang berlangsung di Dubai, tim asuhan Johannis Winar itu mengalahkan para jawara dari kompetisi elite negara lain. Di antaranya tim terbaik Iran, Shahrdari Gorgan yang dihajar dengan skor 97-90.

Kemudian juara Liga Basket Korea Busan KCC Egis ditaklukkan dengan skor 98-91. Dua kemenangan spektakuler ini menempatkan Pelita Jaya menembus posisi 5 besar Asia di akhir perjuangannya di FIBA BCL Asia 2024.

Di peringkat kelima Asia, Pelita Jaya di akhir klasemen FIBA BCL Asia 2024 berada di bawah Al Riyadi Beirut (Lebanon), Shahrdari Gorgan (Iran), Hiroshima Dragonflies (Jepang), dan Shabab Al Ahli (UEA).

“FIBA BCL Asia ini kan kompetisi antarklub yang levelnya lebih tinggi. Jadi akan sangat berguna untuk meningkatkan level tim,” jelas Coach Pelita Jaya Johannis Winar.

“Namun untuk menaikkan level permainan, selain mendapatkan lawan yang kuat juga harus diimbangi dengan kerja keras dalam bermain. Dengan mengeluarkan kemampuan maksimal di saat ketemu tim kuat, baru lah kita bisa menaikkan level permainan kita,” lanjut Coach Ahang, panggilan karib Johannis Winar.

Sejak Pelita Jaya berjuang di FIBA BCL Asia 2024, para pemain berkompetisi menunjukkan kemampuan terbaiknya di setiap pertandingan. Imbasnya, pesona Pelita Jaya pun tidak hanya tersaji di putaran final FIBA BCL Asia 2024.