Selangkah Lagi, Tim Voli Pantai Indonesia Raih Tiket Ke Olimpiade Paris 2024

Tim Voli Pantai Putri Indonesia berpeluang lolos Olimpiade 2024
Tim Voli Pantai Putri Indonesia berpeluang lolos Olimpiade 2024 (Foto : AVC/Asian Volleyball Championship)

Antv – Tim Indonesia masih berpotensi untuk menambah jumlah atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Salah satunya dari cabang olahraga voli pantai putra dan putri. 

Peluang terbuka setelah tim voli pantai putra Indonesia Bintang Akbar/Sofyan Rachman Efendi menjadi juara di Volleyball World Beach Pro Tour 2024. Dalam turnamen tersebut, Bintang/Sofyan mengalahkan tim-tim kuat voli pantai dunia, mulai dari Thailand, Kanada sampai Brasil. 

img_title
Tim Voli Pantai Putra Indonesia berjuang raih tiket Olimpiade 2024. (Foto: AVC/Asian Volleyball Championship)

Sedangkan tim putri yang diwakili Desi Ratnasari/Nur Atika Sari melesat ke semifinal Volleyball World Beach Pro Tour 2024. Keduanya masih akan melanjutkan perjuangan di semifinal AVC Beach Volleyball Continental Cup di Ningbo, 16-18 Juni mendatang. 

Total ada 24 tiket yang diperebutkan untuk bisa lolos ke Paris 2024 dari disiplin cabang olahraga voli pantai di mana per negara maksimal hanya bisa mengirimkan masing-masing 2 pasang dari tim putra dan putri. Berdasarkan sistem kualifikasi Olimpiade, ada empat cara yang bisa dilalui untuk disiplin cabang olahraga voli pantai mendapatkan tiket ke Olimpade Paris 2024. 

Pertama, tiket Paris 2024 diberikan kepada negara tuan rumah, yakni Prancis. Kedua, pemenang FIVB Beach Volleyball World Championship 2023 otomatis telah mengamankan satu tiket lainya. 

Ketiga, urutan 17 teratas dunia dalam Olympic Ranking yang terhitung mulai 1 Januari 2023 sampai 9 Juni 2024 akan mendapatkan tiket. Terakhir, tiket Olimpiade Paris 2024 akan diberikan kepada negara pemenang dari kualifikasi olimpiade kontinental yang mewakili lima konfederasi (AVC, CAVB, CEV, NORCECA, CSV) baik di nomor putra maupun putri.