Ini Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Perlu Anda ketahui

Ini Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Perlu Anda ketahui
Ini Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Perlu Anda ketahui (Foto : )
Manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental meliputi, membantu mengontrol pikiran, melatih fokus, mengelola perspektif, serta menyehatkan tubuh dan memperpanjang umur.
Pikiran kita adalah aset yang paling berharga. Kebahagiaan, penderitaan, kesuksesan dan kegagalan yang kita alami, sangat dipengaruhi oleh apa yang terjadi dalam pikiran kita. Oleh karena itu, kemampuan mengendalikan pikiran akan menentukan kualitas hidup kita.Salah satu cara untuk  mengendalikan pikiran adalah  meditasi. Meditasi membantu kita untuk mengetahui, dan menguasai pikiran kita secara halus dan bertahap. Ketika kita bisa mengendalikan pikiran, maka kita bisa memengaruhi aspek lain dalam kehidupan kita. Meditasi  merupakan teknik penguasaan pikiran untuk mencapai keseimbangan dalam hidup. Lebih dari sekadar relaksasi, meditasi bertujuan melatih pikiran agar pikiran tetap tenang dan terpusat serta merasakan kesadaran penuh.Berikut manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental yang disarikan dari berbagai sumber.
Membantu mengontrol pikiran Meditasi yang dilakukan setiap hari dapat membuat seseorang terlatih untuk mendisiplikan diri. Setiap saat banyak hal yang bisa terjadi di luar kendali kita, dan kita tidak punya kontrol akan hal itu. Satu-satunya yang bisa kita kontrol adalah pikiran kita, yakni dengan latihan meditasi.Pikiran kita punya kecendrungan untuk melompat dari satu pikiran ke pikiran yang lain, kerap disebut dengan pikiran monyet atau “monkey mind”. Saat berlatih meditasi, kita diajak untuk untuk memfokuskan pikiran kita pada momen saat ini, momen yang paling penting dalam hidup kita. Melatih fokus