Danau Matano Terdalam di Asia Tenggara, Endemik Ikan dan Udang yang Mulai Punah

IMG_22Sep2019132359
IMG_22Sep2019132359 (Foto : )
Udang Kolame, Ikan Opudi dan Butini. Udang dan ikan ini adalah endemik Danau Matano di Sulawesi Selatan. Namun kini telah mulai punah. Ada aa gerangan?
Danau Matano. Danau yang letaknya di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan ini punya rekor! Danau terdalam di Asia Tenggara! Kedalamannya 590 meter. Lebih dalam 40 meter dari Danau Toba.Sedunia, Danau Matano adalah danau terdalam nomor delapan. Wow!Luas Danau Matano sekitar 16,5 hektar. Danau Matano adalah danau tektonik yaitu danau yang terbentuk akibat terjadinya penurunan muka bumi karena pergeseran atau patahan.  Danau Matano Terdalam di Asia Tenggara, Endemik Ikan dan Udang yang Mulai PunahUdang dan Ikan Endemik
Danau ini punya berbagai macam jenis ikan dan udang endemik. Sayang, ikan dan udang endemik danau ini terancam punah. Penyebabnya beragam mulai dari penangkapan secara besar-besaran sampai kebutuhan konsumsi. Dan tentu saja polusi! Sampah limbah pabrik!Udang Kolame adalah udang endemik di danau Matano. Udang ini selain banyak dikonsumsi juga banyak diekspor ke luar negeri seperti Jepang, Australia dan negara-negara di Asia Tenggara. Udang Kolame adalah udang endemik di danau Matano. Udang ini selain banyak dikonsumsi juga banyak diekspor ke luar negeri seperti Jepang, Australia dan negara-negara di Asia Tenggara.  Di luar negeri, udang Kolame endemik danau Matano dijadikan udang hias untuk aquarium. Bentuk dan warnanya yang cantik memicu udang Kolame jadi buruan manusia, apalagi harganya juga fantastis. Pedagang ikan di pasar tradisional Sorowako banyak menjual udang Kolame dalam bentuk udang kering atau ebi. Di luar negeri, udang Kolame endemik danau Matano dijadikan udang hias untuk aquarium. Bentuk dan warnanya yang cantik memicu udang Kolame jadi buruan manusia, apalagi harganya juga fantastis. Pedagang ikan di pasar tradisional Sorowako banyak menjual udang Kolame dalam bentuk udang kering atau ebi.