Inilah Resep Marmer Cake Anti Gagal yang Banyak Dicari Orang

Inilah Resep Marmer Cake Anti Gagal yang Banyak Dicari Orang
Inilah Resep Marmer Cake Anti Gagal yang Banyak Dicari Orang (Foto : Ilustrasi - Pixabay)

Antv – Saat ini resep marmer cake, sejenis kue yang terkenal dengan pola marmer yang terbentuk oleh lapisan berbeda dari adonan cokelat dan adonan vanila, sedang dicari orang.

Kue bolu ini dikenal karena tampilannya yang indah layaknya batu marmer atau marble dan memiliki rasa yang lezat.

Untuk membuat marmer cake, biasanya adonan cokelat dan vanila dipersiapkan terpisah. Adonan vanila biasanya terbuat dari campuran tepung terigu, gula, mentega, telur, susu, dan ekstrak vanila, sedangkan adonan cokelat ditambahkan dengan bubuk kakao.

Cara membuat bolu marmer atau marble cake tidaklah sulit. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar hasilnya tidak berujung gagal.

Berikut adalah resep marmer cake dan cara membuatnya:

Bahan-bahan:

- 200 gram mentega, lelehkan
- 200 gram gula pasir
- 4 butir telur
- 250 gram tepung terigu
- 2 sendok teh baking powder
- 125 ml susu cair
- 2 sendok teh ekstrak vanila
- 2 sendok makan bubuk kakao
- 2 sendok makan air panas

Cara membuat:

1. Panaskan oven hingga suhu 180 derajat Celsius. Siapkan loyang bundar berdiameter sekitar 22 cm dan oleskan mentega pada permukaannya atau gunakan kertas roti.

2. Dalam mangkuk besar, kocok mentega cair dan gula pasir hingga lembut dan berwarna terang.

3. Tambahkan telur satu per satu ke dalam adonan sambil terus dikocok. Pastikan setiap telur tercampur rata sebelum menambahkan telur berikutnya.

4. Dalam wadah terpisah, ayak tepung terigu dan baking powder. Kemudian tambahkan sedikit-sedikit ke dalam adonan telur sambil terus diaduk.

5. Tuangkan susu cair dan ekstrak vanila ke dalam adonan dan aduk rata.

6. Ambil sekitar 1/3 dari adonan dan masukkan ke dalam mangkuk terpisah. Tambahkan bubuk kakao ke dalam mangkuk tersebut dan aduk hingga rata. Jika adonan terlalu kental, tambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga konsistensinya menjadi lebih mudah diaduk.

7. Tuangkan adonan vanila ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Lalu tuangkan adonan cokelat di atasnya. Gunakan ujung pisau atau garpu untuk membuat pola swirl pada adonan, mencampurkan sedikit adonan cokelat dengan adonan vanila.

8. Panggang marmer cake dalam oven yang sudah dipanaskan selama sekitar 45-50 menit, atau sampai tusuk gigi yang dimasukkan ke dalam kue keluar bersih tanpa adonan yang lengket.

9. Setelah matang, keluarkan loyang dari oven dan biarkan kue dingin dalam loyang selama beberapa menit sebelum memindahkannya ke rak kawat untuk didinginkan sepenuhnya.

10. Setelah kue benar-benar dingin, marmer cake siap disajikan. Anda dapat memotongnya menjadi irisan dan menyajikannya dengan hiasan gula halus atau cokelat leleh sesuai selera.

img_title
Tekstur Hasil Resep Marmer Terlihat Indah dan Menggugah Selera. (Foto: Ilustrasi - Pixabay)


Selamat mencoba membuat marmer cake!