8 Tempat Wisata di Bali untuk Liburan, Ada Hidden Gem yang Menarik!

Pura Lempuyang
Pura Lempuyang (Foto : Freepik/tawatchai07)

Antv – Dari banyaknya destinasi wisata di Indonesia, tak dapat dipungkiri bahwa negeri kita terkenal akan keindahan pulau Bali. Lalu, tempat wisata di Bali apa saja yang bisa kita kunjungi?

Bidang wisata di Indonesia semakin berkembang dari waktu ke waktu. Setiap pulau semakin mengembangkan potensi wisata mereka yang sejak dulu tersembunyi atau tidak terdeteksi oleh publik. Hal ini tentunya memberi keuntungan bagi negara maupun warga setempat. 

Walaupun begitu, sejauh ini sepertinya belum ada destinasi wisata lain di Indonesia yang dapat menggantikan Bali.

Bahkan sebelum media sosial secanggih sekarang, ketika orang-orang dapat membagikan informasi tentang destinasi wisata, Bali selalu menjadi tempat wisata favorit bagi banyak orang, baik itu wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. 

Bagaimana tidak? Bali memiliki keindahan alam yang begitu berlimpah. Bali juga kaya akan budaya yang dikagumi oleh masyarakat setempat maupun dunia. 

Rasanya waktu liburan di Bali tak akan pernah cukup agar kita bisa mengeksplor semua keindahan alam dan budaya di sana. Oleh karena itu, alangkah baiknya wisatawan yang hendak berkunjung membuat daftar tempat wisata di Bali yang ingin dikunjungi.

Tenang saja, ANTV Lovers. Kali ini ANTV Klik akan membagikan tempat-tempat wisata di Bali yang bisa kamu jadikan pilihan saat berkunjung ke Pulau Dewata tersebut. 

 

Pantai Pandawa

img_title
Pantai Pandawa. (Foto : Digital Travel Couple)

Pantai Pandawa merupakan pantai berpasir putih yang berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pantai ini luas dan bersih sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk para wisatawan bersantai atau bersenang-senang.

Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Pandawa, salah satunya wahana atau olahraga air seperti berselancar, dayung perahu kano, banana boat, dan snorkeling. Kamu juga bisa mencoba wahana paralayang dari atas Bukit Timbis. 

Pantai Pandawa buka untuk umum setiap hari pada pukul 08.00 sampai 18.00 waktu setempat. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal maupun mancanegara sama, yaitu Rp8 ribu. 

Lalu, ada biaya parkir kendaraan. Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil. 

 

Garuda Wisnu Kencana

img_title
Garuda Wisnu Kencana. (Foto : Ayo Bali)

Garuda Wisnu Kencana dapat disebutkan sebagai salah satu ikon utama Pulau Dewata. Garuda Wisnu Kencana merupakan taman wisata budaya yang berlokasi di bagian selatan Bali. 

Bahkan sebelum patung raksasa GWK selesai dibangun, taman wisata ini telah ramai didatangi pengunjung. Oleh karena itu, begitu patung rampung tempat wisata ini semakin populer di kalangan wisatawan. 

Objek wisata dari taman budaya ini tidak hanya patung GWK, ANTV Lovers. GWK seringkali mengadakan pertunjukkan seni, khususnya tari tradisional seperti tari Sekar Jepun, Kebyar Duduk, Topeng Monyer, sampai Barong dan tari kecak. GWK juga menyediakan fasilitas seperi restoran, toko oleh-oleh, sampai villa. 

Saat ini, Garuda Wistu Kencana buka setiap hari pada pukul 09.00 sampai 20.00. Harga tiket masuk GWK tergantung dengan kategori usia. Orang dewasa diharuskan membayar Rp125 ribu, sedangkan anak-anak Rp100 ribu. 

 

Monkey Forest Ubud

img_title
Monkey Forest Ubud. (Foto : Traveloka)

Monkey Forest Ubud merupakan tempat wisata di mana kamu akan menemukan spesies kera ekor panjang. Tidak hanya itu, kamu juga bisa langsung berinteraksi dengan mereka. Setidaknya, ada lebih dari 1000 kera ekor panjang di tempat ini.

Monkey Forest Ubud memiliki suasana dan lingkungan alam yang masih asri dan sejuk. Oleh karena itu, Monkey Forest Ubud menjadi tempat wisata sekaligus tempat tinggal bagi kera ekor panjang ini.

Warga setempat menganggap kera-kera ini keramat, jadi wisatawan dilarang keras untuk mengganggu mereka. Wisatawan pun dilarang membawa barang-barang mencolok karena dapat memicu kejahilan para kera.

Monkey Forest Ubud buka setiap hari pada pukul 09.00—18.00 waktu setempat. Harga tiket bagi wisatawan lokal dewasa berupa Rp60 ribu, sedangkan anak-anak Rp40 ribu.

Di sisi lain, wisatawan mancanegara harus membayar sedikit lebih mahal. Wisatawan mancanegara dewasa harus membayar Rp80 ribu, sedangkan untuk anak-anak Rp60 ribu.

 

Desa Penglipuran 

img_title
Desa Penglipuran Bali. (Foto : Orami)

Desa Penglipuran merupakan tempat wisata di Bali yang tidak bisa kamu lewatkan. Kamu bisa menyaksikan suasana adat Bali yang masih sangat kental di desa yang berlokasi di Kabupaten Bangli ini. 

Desa Penglipuran masih menjunjung tinggi adat dan nilai leluhur nenek moyan, dari desain tata ruang desa sampai ritual keagamaan. Desa ini juga memiliki hutan bambu seluas 45 hektare yang disebut sebagai pelindung Desa Penglipuran. 

Desa Penglipuran memiliki acara festival budaya yang disebut Penglipuran Village Festival. Namun, acara ini biasanya diadakan saat akhir tahun saja. Saat itulah, jumlah wisatawan yang datang akan membludak.

Desa Penglipuran terbuka untuk umum setiap hari pada pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Mereka juga mematok harga tiket masuk Rp25 ribu untuk orang dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak.

Harga tiket masuk untuk wisatawan asing cukup berbeda, yaitu lebih mahal dua kali lipat. Turis mancanegara dewasa diharuskan membayar Rp50 ribu, sedangkan anak-anak Rp30 ribu. 

 

Pulau Nusa Penida

img_title
Nusa Penida. (Foto : Freepik/tawatchai07)

Pulau Nusa Penida merupakan pulau kecil yang berlokasi di sisi tenggara pulau Bali. Di dekatnya, terdapat 2 pulau kecil lainnya yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Pulau Nusa Penida memiliki keindahan alam yang tak patut kamu lewatkan. Pulau ini memiliki pantai pasir putih yang sangat terjaga kebersihannya sehingga wisatawan betah untuk berlama-lama di sini. Pemandangan pulau ini pun kian sempurna dengan adanya sungai, tebing, dan karang.

Tidak banyak yang bisa kamu lakukan di Pulau Nusa Penida. Namun, di sini kamu bisa melakukan snorkeling dan diving. Ini pun tempat yang cocok untuk menyaksikan keindahan matahari terbit maupun terbenam.

 

The Secret Garden

img_title
Secret Garden Bali. (Foto : Pexels/Alexander Wendt)

Secret Garden bisa disebutkan sebagai salah satu hidden gem terbaik di pulau Bali. Oleh karena itu, tempat wisata ini masih belum diketahui oleh banyak orang.

Untuk bisa mencapai ke Secret Garden, wisatawan harus melalui perjalanan yang cukup menatang. Namun, kelelahan wisatawan nantinya akan terbayarkan dengan keindahan alam yang eksotis, dari satwa liar, hutan, sampai 7 air terjun alami!

Namun, tak semua air terjun ini bisa kamu kunjungi. Selain karena akses yang terbatas, salah satu air terjunnya yang disebut Aling-Aling dianggap memiliki air yang suci. Maka, kamu tak diizinkan berenang di sini. 

Secret Garden buka setiap hari pada pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat. Harga tiket masuknya tergolong murah, yaitu Rp10 ribu.

 

Pura Lempuyangan

img_title
Pura Lempuyang. (Foto : Freepik)

Selama di Bali, wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan dan desain Pura, tempat ibadah umat Hindu yang indah dan megah. Namun, salah satu pura yang menjadi favorit wisatawan adalah Pura Lempuyangan yang berlokasi di Kabupaten Karangasem. 

Pura ini sering dijadikan sebagai objek wisata sekaligus foto bagi wisatawan. Tidak masalah jika kamu datang sendirian ke tempat ini, karena biasanya akan ada jasa fotografer yang bersedia membantumu.

Kamu dapat mengunjungi Pura Lempuyangan tanpa membayar tiket masuk. Tempat ini buka pada pukul 07.00 sampai 17.00 waktu setempat. Namun, waktu terbaik untuk datang kemari adalah pagi atau sore hari agar kamu bisa mendapatkan hasil foto dengan pemandangan dan warna langit yang eksotis. 

Walaupun gratis, bukan berarti wisatawan dapat bersikap seenaknya di Pura Lempuyangan. Karena ini tempat ibadah, Pura Lempuyangan memiliki beberapa peraturan yang harus kamu taati. 

 

Hidden Canyon, Beji Guwang

img_title
Hidden Canyon Bali. (Foto : Travels Promo)

Hidden Canyon merupakan lokasi wisata tersembunyi lainnya yang patut kamu kunjungi. Tempat ini berupa lembah dengan lereng terjal yang terbentuk karena erosi aliran air sungai. Hal ini meninggalkan kesan artistik pada tebing-tebing sepanjang aliran sungai Beji Guwang.

Hidden Canyon terbuka untuk umum pada pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15 ribu per orang.