Kualifikasi PD 2026 : Indonesia Tahan Arab Saudi 1-1, Jepang 7-0 Cina Dan Bahrain 1-0 Australia

Pemain Indonesia Ragnar Oratmangoen (11)
Pemain Indonesia Ragnar Oratmangoen (11) (Foto : PSSI)

Antv – Hasil pertandingan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C, Indonesia berhasil menahan tuan rumah Arab Saudi 1-1, Jumat dini hari, 06 September 2024. Dengan berhasil menambah satu poin, rangking Indonesia di FIFA bakal naik. 

Hasil pertandingan lain di grup C, Jepang bantai Cina 7-0, Bahrain permalukan uan rumah Australia 1-0. 

Dengan hasil ini, Jepang memuncaki klasemen Grup C dengan tiga poin, peringkat kedua BAhrain juga dengan tiga poin namun kalah selisih gol. Di peringkat tiga dan empat ada  Arab Saudi dan Indonesia yang sama-sama mengemas satu poin. Serta peringkat lima dan enam ada Australia dan Cina.  

Bertanding di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, tuan rumah Indonesia membuat terkejut publik tuan rumah. 

Indonesia berhasil unggul 1-0 terlebih dahulu pada menit ke-19. Berawal dari umpan Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen berhasil melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Tendangan Oratmangoen ternyata membentur Sandi Walsh sehingga kipper Arab Saudi Mohamed Al Owais tidak bisa mengantisipasi bola

Di akhir babak pertama, Arab Saudi menyamakan skor 1-1. Tendangan Musab Al Juwayr berbelok arah setelah membentur pemain Indonesia Calvin Verdonk. Kiper Indonesia Marteen Paes tidak bisa mengantisipasi bola. Hingga istirahat skor imbang 1-1. 

Di babak kedua menit ke-78, Arab Saudi mendapat hadiah penalti karena wasit menilai kiper Maarten Paes melakukan pelanggaran. Sang algojo Salem Al Dawsari gagal mengeksekusi penalti, setelah tendangannya berhasil di blok Paes. Hingga bubar skor tetap imbang 1-1.