Cerita Tangisan Ratri Dan Medali Emas Indonesia Di Paralimpiade Paris 2024

Ratri & Hikmat sumbang emas pertama di Paralimpiade 2024 Paris
Ratri & Hikmat sumbang emas pertama di Paralimpiade 2024 Paris (Foto : NPC Indonesia)

Antv – Kontingen Indonesia akhirnya meraih medali emas pertama di Paralimpiade Paris 2024. Raihan medali emas ini menjadi kemenangan emosional bagi pasangan ganda campuran badminton Hikmat Ramdani-Leani Ratri Oktila. Hasil sementara Indonesia mrngoleksi satu medali emas, empat medali perak dan tiga medali perunggu.  

Kontingen Indonesia berjaya pada nomor ganda campuran klasifikasi SL3 - SU5 pada Paralimpiade 2024. Dua wakil Indonesia, Hikmat Ramdani-Leani Ratri Oktila dan Fredy Setiawan-Khalimatus Sadiyah bertemu pada partai puncak di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Senin (2/9/2024) siang WIB.

Terciptanya All Indonesian Final ini membuat lega karena medali emas dan medali perak sudah pasti didapatkan. Namun, perebutan medali emas ini terasa begitu emosional bagi empat atlet yang bertanding.

Leani Ratri Oktila tak bisa menahan tangis usai memastikan kemenangan dengan dua set langsung, 21-16, 21-15. Ratri merasa gembira namun juga bersedih karena harus memupus harapan Khalimatus meraih emas.

Pada Paralimpiade 2020 lalu, Leani Ratri bersama Khalimatus sukses merebut medali emas nomor ganda putri SL3 - SU5. Namun pada Paralimpiade 2024, nomor ganda putri tak dipertandingkan. 

"Kalau lawannya dari beda negara kita akan lebih lepas, tetapi karena ini sudah terbiasa bersama, apalagi di Paralimpiade ini tidak ada ganda putri, yang seharusnya saya sama Khalimatus, sekarang jadi lawan," kata Leani Ratri usai pertandingan.

Terlepas dari situasi tersebut, Leani Ratri gembira bisa kembali ke performa terbaiknya. Ia sempat tidak percaya diri karena baru saja melahirkan.