Bonus Rp6 Miliar Untuk Medali Emas Olimpiade, Atlet Beberkan Bonus Digunakan Untuk Apa

Tim Indonesia di Upacara Penutupan Olimpiade 2024
Tim Indonesia di Upacara Penutupan Olimpiade 2024 (Foto : NOC Indonesia/Naif)

Antv – Peraih medali emas Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024, akan diganjar bonus Rp6 miliar. Demikian diungkapkan Menpora Dito Ariotedjo saat menyambut kedatangan atlet usai berlaga di Olimpiade Paris 2024 di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Selasa malam 13 Agustus 2024. 

Indonesia mendapat dua medali emas dari Veddriq Leonardo di cabang sport climbing dan Rizki Juniansyah dari cabang angkat besi kelas 73 kg. Medali perunggu dipersembahkan Gregoria Mariska Tunjung cabang olahraga bulutangkis nomor tunggal putri. 

"Saya sudah dapat arahan dari Pak Presiden Jokowi. Bonus medali emas akan mendapat Rp 6 miliar dan medali perunggu Rp 1.650 miliar. Untuk Pelatih medali emas dapat Rp2,75 miliar dan pelatih medali perunggu Rp 675 juta," jelas Menpora Dito. 

Selain itu, bagi atlet yang tidak dapat medali juga akan mendapat uang Rp100 juta.

"Rencananya para atlet akan diterima Presiden Jokowi di Istana Negara, 15 Agustus. Kemudian atalet akan diarak keliling Jakarta. 

“Uangnya akan saya manfaatkan untuk yang membangun olahraga panjat tebing, khususnya di daerah saya,” tutur Veddriq dalam konferensi pers di Gedung VVIP, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (13/8) malam. 

“Sebagian akan saya persembahkan buat orang tua saya, kemudian kalau ada sisanya saya simpan atau saya investasikan,” sambung pria 27 tahun asal Kalimantan Barat itu.