CdM Aninda Bakrie, Penantian 32 Tahun Indonesia Raih Dua Emas Di Olimpiade

Veddriq & Rizki, kompak bersama pengurus cabor dan pemerintah
Veddriq & Rizki, kompak bersama pengurus cabor dan pemerintah (Foto : NOC Indonesia/Naif)

Antv – Dalam waktu satu hari, Indonesia berhasil meraih dua medali emas di ajang Olimpiade Paris 2024

Peringkat Indonesia di klasemen medali-pun langsung meroket. Dari peringkat 70 pada Kamis (8/8/2024), kemudian melesat ke peringkat 28 besar dengan total dua medali emas dan satu medali perunggu.

"Terima kasih sekali kita bisa mendapatkan dua medali emas, dan ini kali pertama emas diluar badminton. Ini menandakan Indonesia bisa bersaing dengan siapapun termasuk Cina dan Amerika Serikat. Bangga dengan Veddriq dan Rizki juga semua supporting system. Ini kerja keras tim juga sebagai kado ulang tahun Indonesia ke-79," ujar Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia, Anindya Bakrie. 

img_title
Rizki Juniansyah, medali emas angkat besi kelas 73kg Olimpiade 2024. (Foto: NOC Indonesia/Naif)

Di cabang olahraga angkat besi kelas 73kg, Rizki Juniansyah juga berhasil mencatatkan sejarah meraih medali emas. Rizki berhasil meraih total angkatan 354kg dengan rincian snatch 155kg serta clean and jerk 199kg sekaligus mencatatkan Olympic Record. 

Medali perak diraih wakil Thailand, Weeraphon Wichuma dengan total angkatan 346 kg dan perunggu direbut Bozhidar Andreev dari Bulgaria lewat torehan 344 kg. 

Sebelumnya pada Kamis siang, sejarah medali emas pertama dari sport climbing nomor speed melalui Veddriq Leonardo dengan catatan Waktu 4,75 detik setelah memanjat papan setinggi 15 meter. Di final Veddriq mengalahkan Wu Peng (Cina) dan perunggu Sam Watson (Amerika Serikat).