Veddriq Leonardo Sumbangkan Medali Emas Pertama Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Veddriq Leonardo (tengah) sumbang emas Indonesia di Olimpiade Paris
Veddriq Leonardo (tengah) sumbang emas Indonesia di Olimpiade Paris (Foto : NOC Indonesia/Naiv)

Antv – Tim Indonesia merebut medali emas pertama di Olimpiade Paris 2024. Adalah Veddriq Leonardo dari panjat tebing yang berhasil meneruskan raihan medali emas Indonesia di panggung olahraga tertinggi dunia tersebut. 

Selain itu, Veddriq juga mencatatkan sejarah peraih  medali emas pertama buat Indonesia dari cabang olahraga di luar bulutangkis. Sekaligus medali pertama sejak nomor speed dipertandingkan perseorangan dalam sejarah olimpiade, sebab di Tokyo, lead border dan speed digabung. 

img_title
Kegembiaraan CdM Indonesia Anindya N. Bakrie dan Official kontingen. (Foto: NOC Indonesia)

"Senang sekali, Alhamdulillah, terima kasih masyarakat Indonesia. Olahraga ini baru tapi diberi kepercayaan dan bisa dibuktikan dengan meraih emas. Bersyukur untuk pencapaian ini dan saya pun bangga atas pencapaian ini," kata Veddriq usai perlombaan. 

"Medali emas ini berkah dan ini juga merupakan kerja keras, usaha, dedikasi semua tim pelatih, atlet, teman keluarga yang telah memberikan doa dan dukungan. Ini juga kado buat Indonesia di ulang tahun ke-79," imbuhnya. 

Langkah Veddriq di Site d'escalade du Bourget, terbilang mulus untuk bisa keluar sebagai juara. Sejak elimination seeding sampai ke final, Veddriq belum pernah merasakan kekalahan. 

Di babak perempat final, Veddriq yang menghadapi wakil tuan rumah Bassa Mawem berhasil menang. Veddriq mencatatkan waktu 4,88 detik, sedangkan Mawem 5,26 detik.