Menpora Dito Resmi Kukuhkan Tim Indonesia Yang Dipimpin CdM Anindya Bakrie Untuk Olimpiade Paris

Menpora Dito kukuh Tim Indonesia yang berlaga di Olimpiade Paris
Menpora Dito kukuh Tim Indonesia yang berlaga di Olimpiade Paris (Foto : istimewa)

Antv – Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade 2024 Paris, resmi dikukuhkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo di Auditorium Kemenpora Jakarta, Rabu 10 Juli 2024. Tim Indonesia berkekuatan 29 atlet  ini akan berlaga di Olimpiade Paris pada 26 Juli -1 11 Agustus 2024. 

Pengukuhan dihadiri Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari beserta jajaran, para pimpinan dan perwakilan pengurus cabang olahraga (cabor) yang lolos Olimpiade, dan para atlet serta ofisial yang tergabung dalam Kontingen Indonesia.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya dengan resmi mengukuhkan Kontingen Indonesia menuju Olympic Games ke-33 Paris tahun 2024,” ujar Menpora Dito saat mengukuhkan Kontingen Indonesia.

Pengukuhan ini ditandai penyerahan bendera Merah Putih dari Menpora Dito kepada Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Anindya Novyan Bakrie. Setelah sebelumnya dibacakan janji atlet oleh perwakilan atlet yaitu atlet panjat tebing Desak Made Rita dan atlet angkat besi Rizki Juniansyah.

Berikutnya para atlet beserta ofisial Kontingen Indonesia satu per satu mencium bendera Merah Putih dengan penuh khidmat. Dengan total 29 atlet meliputi 16 atlet putra dan 13 atlet putri dari 12 cabor.

Mereka akan berangkat ke Paris bersama ofisial yang terdiri dari pelatih, tim medis, dan media, dengan jumlah keseluruhan Kontingen Indonesia sebanyak 86 orang.

Dito menjelaskan jumlah atlet yang berangkat dalam edisi Olimpiade kali ini merupakan terbanyak dalam 20 tahun terakhir atau terbanyak kedua setelah Olimpiade Athena 2004 dengan total 38 atlet.

Dito menambahkan, pemerintah dan masyarakat Indonesia mendukung sepenuhnya perjuangan para atlet, guna berjuang untuk membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di Paris, Prancis.