Best World Boxing tvOne Ahad, 30 Juni 2024, Pelajaran Dari Barrios dan Morrell Jr

Barrios El-Azteca lawan Jovanie Santiago (Puerto Rico)
Barrios El-Azteca lawan Jovanie Santiago (Puerto Rico) (Foto : Showtime/Westcott)

Antv – Oleh M. Nigara

Wartawan Tinju Senior

Komentator Tinju tvOne

TAK ADA kesulitan yang tidak ada jalan keluarnya. Jargon ini rasanya tepat saya sematkan untuk seorang Marrio Barrios, juara dunia interim (sementara) Welterweight WBC.

Ahad pagi, seperti biasa, tvone menggelar Best World Boxing. Kali ini, dua jagoan akan menampilkan kehebatannya. El-Azteca begitu jululan Barrios akan menghadapi Jovanie Santiago (Puerto Rico) dalam laga perebutan gelar kelas Welter Continental America WBC. Laga itu sendiri sudah berlangsung di T. Mobile Arena, Paradise,  Las Vegas, Nevada, USA (11/2/2023).

Dua kali kalah berturut-turut dan harus kehilangan gelar juara dunia WBA kelas yang sama, tidak membuat Barrios terpuruk. Sebagai juara, Barrios (20/6/2021) harus menerima kekalahan TKO-11 dari Gervonta Davis dan kembali kalah dari Keith Thurman (5/2/2022), sungguh membuat petinju kelahiran San Antonio, Texas, 18 Mei 1995, segera menyadari kekeliruannya.

Tak banyak petinju muda yang sedang ranum-ranumnya bisa segera menyadari kekeliruannya. Adrian Broner, Jean Pascal, Andre Berto, adalah tiga contohnya. Digadang-gadang akan meroket, begitu tumbang, mereka sulit untuk bangkit.