Undian Putaran Tiga Piala Dunia 2026 Indonesia Di Grup C Ada Jepang, Australia, Arab, Bahrain, Cina

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia (Foto : PSSI)

Antv – Hasil undian fase grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di Kuala Lumpur, Kamis 27 Juni 2024. Timnas Indonesia berada di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan Cina.

"Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendor. Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan. Lihat saja di Piala Eropa 2024 ini, bagaimana kiprah Austria atau Georgia. Jadi tetap melawan walau di grup berat," ujar Ketum PSSI, Erick Thohir di Jakarta, Kamis (27/6).

Indonesia akan memainkan 10 pertandingan dengan system home & away. Laga pertama melawan arab Saudi pada 5 September 2024. Lima hari kemudian melakoni laga kedua akan menjamu Australia.

Grup A dihuni Iran, Qatar, Uzbekistan, Uni Emirat Arab, Kyrgistan dan Korea Utara. Sedangkan Grup B ada Korea Selatan, Irak, Yordania, Oman, Palestina dan Kuwait. 

Dari tiga grup, masing-masing juara grup dan runner up grup berhak lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat tiga dan empat di grup putaran ketiga masih punya peluang lolos dengan masuk babak keempat. 

Di babak keempat, dibagi menjadi dua grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim. Pemenang setiap grup di babak keempat itu juga berhak loloss ke Piala Dunia 2026. Sedangkan, runner-up setiap grupnya melaju ke babak kelima.

Di babak kelima, runner-up grup pada babak keempat akan bertanding kandang dan tandang untuk menentukan perwakilan Asia ke babak play-off antarkonfederasi.