Logo Garuda di Jersey Timnas Milik Masyarakat Indonesia

Logo Garuda di Jersey Timnas Milik Masyarakat Indonesia
Logo Garuda di Jersey Timnas Milik Masyarakat Indonesia (Foto : istimewa)

AntvLogo Garuda jersey Timnas Indonesia menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Di mana muncul pemberitaan Logo Garuda jersey Timnas Indonesia di Hak Paten atau Milik (HAKI) yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia.

HAKI Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia saat ini dimiliki oleh perorangan dan PSSI. Lalu HAKI Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia produk Mills terdaftar sebagai milik PSSI.

Mills pun angkat bicara mengenai hal ini. Mills menceritakan bagaimana awalnya logo ini dibuat. Mills melakukan research dan development internal dengan waktu yang tak sebentar pada tahun 2022.

Setelah matang dan jadi, Logo Garuda untuk Jersey Timnas Indonesia produk Mills, baru dikirimkan ke PSSI untuk diapproval tentunya. 

"Bagi kami sejak logo tersebut dipakai oleh Timnas, sebenarnya logo tersebut sudah menjadi milik seluruh masyarakat indonesia," kata Fajar, Kepala Desaign Mills.

Fajar bertanya-tanya mengapa PSSI melakukan HAKI terhadap Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia Produk Mills. "Sejauh ini setahu kami di team creative tidak ada pemberitahuan dari pihak federasi."

"Kami team creative Mills sebenarnya ikhlas-ikhlas saja kalau memang hasil karya kami akan dipakai oleh negara ataupun federasi. Cuma sayangkan aja kenapa tidak info ke kita dulu. Kalau mengenai didaftarkan sebagai merk itu kami tidak tahu apakah regulasinya bisa diterima oleh dirjen HKI atau tidak," tambah Fajar.