Lifter Nurul Akmal, Atlet Ke-21 yang Resmi Lolos Ke Paris 2024, Angkat Besi Jadi Tiga Atlet

Lifter Indonesia, Nurul Akmal, lolos Olimpiade 2024
Lifter Indonesia, Nurul Akmal, lolos Olimpiade 2024 (Foto : NOC Indonesia)

Antv – Lifter asal Aceh, Nurul Akmal memastikan diri sebagai atlet ke-21 yang akan mewakili Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024.  

Hal itu dipastikan melalui rilis resmi yang dikeluarkan International Weightlifting Federation (IWF) pada Senin (3/6). IWF mengumukan Olympic Qualification Ranking final atlet-atlet yang akan berlaga di Paris 2024. 

Nurul Akmal sebenarnya berada di peringkat ke-11 dari 10 atlet terbaik dunia di kelas +81kg yang lolos ke Paris 2024. Namun, Nurul Akmal yang akrab disapa Amel itu dipastikan melenggang ke Paris 2024 usai mendapatkan realokasi tiket dari zona kontinental Asia. 

“Jadi memang ini pengumumannya agak terlambat, karena kasusnya di kelas Amel sudah terwakilkan 5 benua yang akan tampil di Paris 2024. Jika kelima benua terwakili dalam kategori berat badan, tempat kuota Kontinental akan dialokasikan kepada atlet yang memenuhi syarat dengan peringkat tertinggi berikutnya dalam kategori berat yang sama (apa pun Benuanya), dengan menghormati kuota maksimum per gender dan per NOC,” kata Dirdja Wihardja, Kepala Pelatih Timnas Angkat Besi

Buat Amel, ini jadi kali kedua ia tampil di Olimpiade setelah debutnya di Tokyo 2020. Kala itu, lifter kelahiran Tanah Luas, Aceh 12 Februari 1993 tersebut finis di urutan kelima di kelas +87kg dengan catatan angkatan snatch 115kg dan clean and jerk 141kg. 

“Yang jelas kami sudah mempersiapkan dan memaksimalkan sebaik mungkin. Lifter Indonesia jarang yang lolos di kelas berat. Ini penampilan kedua Amel, semoga bisa memberikan yang terbaik dan kami akan memberikan dukungan dari segala sisi untuk Amel dan tim angkat besi Indonesia,” ujar Dirdja. 

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari memberikan apresiasi tinggi buat Amel yang berhasil lolos ke Olimpiade untuk kedua kalinya. Ia berharap di Paris 2024, Amel bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia.