Shin Tae-yong Pusing, Indonesia vs Tanzania Imbang, Bongkar Pemain Sebelum Lawan Irak & Filipina

Hasil uji coba : Indonesia 0-0 Tanzania
Hasil uji coba : Indonesia 0-0 Tanzania (Foto : PSSI)

Antv – Hasil pertandingan uji coba internasional, Timnas Indonesia melawan Tanzania berakhir tanpa gol di Stadion Madya Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu 2 Juni 2024. Laga uji coba ini sebagai pembentukan kerangka sebelum Timnas Indonesia melawan Filipina dan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, pekan depan. 

Pertandingan langsung berjalan sengit sejak awal babak pertama. Kedua tim saling menekan. Pada menit ke-6, Indonesia mendapatkan peluang emas melalui Shayne Pattynama. Berawal dari aksi Asnawi di sisi kanan lapangan, dia memberikan umpan crossing yang akurat ke kotak penalti. Bola berhasil ditanduk Shayne, namun ditepis kiper Tanzania hingga membentur mistar gawang.

Pada menit ke-20, Timnas Indonesia mendapatkan peluang melalui Thom Haye. Akan tetapi, tendangannya dari dalam kotak penalti masih dapat ditangkap kiper Tanzania, Ally Salim Juma. Tanzania bukan tanpa peluang. Pada menit ke-22, gawang Indonesia nyaris saja kebobolan melalui aksi Morice Michael. Dia berhasil mengelabui Ernando, namun tendangannya masih lemah sehingga mampu diamankan Rizky Ridho di mulut gawang.

Skuad Garuda kembali mendapatkan peluang pada menit ke-37. Kali ini lewat Marselino Ferdinan melalui tendangan dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras namun masih bisa diamankan kiper Tanzania. Di akhir babak pertama, Thom Haye melakukan percobaan melalui tendangan bebas. Namun, bola masih tipis di samping gawang. Hingga peluit panjang, tidak ada gol yang tercipta.

Di babak kedua, pertandingan berjalan dengan tempo cepat. Tanzania nyaris mencetak gol pada menit ke-58 melalui Waziri Muhudi. Beruntung, Ernando masih bisa menahan bola melalui kakinya.

Pada menit ke-71, Egy Maulana hampir saja mencatatkan namanya di papan skor. Namun, tendangannya memanfaatkan umpan Arhan masih membentur mistar gawang.

Timnas Indonesia terus mendominasi jalannya pertandingan, Peluang demi peluang juga didapatkan. Namun, penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat tidak ada gol yang tercipta hingga laga usai. Hingga bubar, skor Timnas Indonesia 0-0 Tanzania.