Final Thomas Cup 2024 : Indonesia Kalah, Cina Kawinkan Gelar Thomas & Uber Cup 2024

Thomas Cup 2024, Indonesia raih perak
Thomas Cup 2024, Indonesia raih perak (Foto : X INABadminton)

Antv – Hasil final Thomas Cup 2024, Indonesia takluk dari tuan rumah Cina 1-3 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu 5 Mei 2024.

Dengan kemenangan ini, Cina berhasil mengawinkan gelar Thomas Cup dan Uber Cup. Sebelumnya di final Uber Cup, Indonesia juga kalah dari Cina dengan skor 0-3.

Dari dua edisi Thomas Cup sebelumnya Indonesia masuk final. Pada tahun 2022, kalah di final dari India 0-3 dan pada 2020 jadi juara usai menang atas Cina 3-0.

Pada partai pertama, tunggal Indonesia Anthony Sinisuka Ginting takluk dari Shi Yu Qi dua set langsung 21-17 dan 21-6.

"Dari awal pertandingan memang saya tidak bisa keluar dari tekanan Shi Yu qi, Saya sudah mencoba tidak ada tekanan dari penonton, atau karena ini final murni ini karena cara bermain di lapangan saja, kendalanya apalagi dia bukan lawan yang mudah," jelas Ginting usai laga. 

Pada partai kedua, pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kalah dari Liang Wei Kang/Wang Chang lewat pertarungan tiga set 18-21, 21-17 dan 17-21.

"Kami berusaha fokus pada pertandingan ini, tidak memikirkan hasil pertandingan pertama. Kami ingin menyumbang poin, tapi sayangnya belum berhasil. Liang/Wang pertahanannya sangat luar biasa, beberapa kali harusnya kami poin tapi mereka bisa mengembalikan. Selain itu servis dan pengembalian servisnya sangat yakin dan berani," papar Fajar Alfian.