Preview Piala AFC U-23 : Indonesia vs Irak, Pemenang Lolos Ke Olimpiade 2024 Paris

Semifinal Piala AFC U-23 : Indonesia 0-2 Uzbekistan
Semifinal Piala AFC U-23 : Indonesia 0-2 Uzbekistan (Foto : PSSI)

Antv – Preview pertandingan Piala AFC U-23, Timnas Indonesia lawan Irak pada perebutan peringkat ketiga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis 02 Mei 2024 pukul 22.30 WIB. Selain berhak menjadi peringkat ketiga, pemenang dalam laga ini berhak meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris dari zona Asia.

Olimpiade Paris berlangsung 26 Juli-11 Agustus 2024 mendatang. Jika kalah di laga perebutan tempat ketiga, Indonesia atau Irak masih punya jalan terakhir, yakni memenangi laga play-off antar konfederasi melawan wakil Afrika, Guinea, pada 9 Mei 2024 di Jepang.

Sebagai informasi, zona Asia telah memastikan dua tiket ke Olimpiade 2024 yakni Jepang dan Uzbekistan yang akan bertanding di babak final, Jumat 3 Mei 2024.

Jelang laga lawan Irak, Indonesia optimisti bisa menang dan lolos Olimpiade. "Saya percaya dengan diri saya dan para pemain, kami semua yakin bisa menuju ke Olimpiade dan para pemain siap mental untuk target ini," jelas Pelatih Indonesia asal Korea, Shin Tae-yong.

Kali terakhir Indonesia berlaga di Olimpiade pada 1956 yang berlangsung di Melbourne, Australia. Melawan Irak, Indonesia Indonesia kehilangan kapten an bek tengah Rizky Ridho yang terkena akumulasi kartu. Bek Komang Teguh disiapkan sebagai pengganti Ridho. Selain Ridho, semua pemain siap tampil. Termasuk penyerang Rafael Struick yang menyumbang dua gol kemenangan Indonesia atas Korea Selatan.

Di sisi lain, Pelatih Irak Radhi Shanaishil mengaku sudah mengantongi peta kekuatan Indonesia. "Kami sudah memantau Indonesia sejak awal turnamen, mereka sangat bagus, berkembang dan terhormat di lapangan. Indonesia telah mengalahkan Australia, Yordania dan Korea, jadi mereka tidak dating kesni secara kebetulan. Indonesia punya persiapan an strategi matang, jadi kami harus focus," jelas Pelatih Irak, Radhi.

Prakiraan susunan pemain :