Komitmen Dengan Regenerasi, Pelatnas Timnas Putri Diisi Pemain Muda dan Pelatih Lokal

Pelatnas tim basket Putri Persiapan Asian Games HangZhou
Pelatnas tim basket Putri Persiapan Asian Games HangZhou (Foto : Media PP Perbasi)

Antv –Melalui Badan Tim Nasional, PP PERBASI memanggil 19 pemain untuk persiapan Timnas Bolabasket Putri 5x5 menghadapi Asian Games XIX/2022 di Hangzhou, China. Ajang ini dilaksanakan pada 23 September - 8 Oktober 2023.

Dari nama-nama yang dipanggil itu, diisi 12 pemain dari tim peraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Mereka adalah Adelaide Callista Wongsohardjo, Yuni Anggraeni, dan Priscilla Annabel Karen. Kemudian ada Peyton Alexis Whitted, Nathania Claresta, Kadek Pratitta, Henny Sutjiono, Dyah Lestari, Clarita Antonio, Kimberley Pierre Louis, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi dan Agustin Elya Gradita Retong.

Sementara tujuh pemain lagi pemain muda. Beberapa dari mereka juga sudah pernah ikut pemusatan latihan Timnas Putri. Sebut saja Angelica Jennifer Candra, Nathania Nicole Sasongko, dan Faizzatus Shoimah. Kemudian ada juga pendatang baru seperti Maxine Maria Sutisna, Jesslyn Angelique Aritonang, Thasya Hery Saputera, dan Namira Ramandha.

“Para pemain ini dipanggil untuk persiapan Asian Games di Hangzhou. Mereka jalani TC (training camp) mulai 5 Juli di GOR Cahaya Lestari Surabaya Jalan Dharmahusada Utara,” jelas Sekjend PP PERBASI Nirmala Dewi.

“Sengaja kami panggil pemain muda supaya belajar bersama pemain seniornya. Dengan cara ini, diharapkan bisa terjadi transfer ilmu yang baik sehingga regenerasi di Timnas Putri berjalan sesuai yang kita harapkan,” lanjut sekjend wanita pertama di PP PERBASI ini.

Pada persiapan kali ini, Timnas Bolabasket Putri ditangani pelatih baru. Namanya Marlina Herawan. Marlina merupakan mantan pemain Surabaya Fever. Dia pernah menjadi bagian dari timnas saat meraih medali perak pada SEA Games 2015 di Singapura. Dia juga pernah membantu Timnas Putri U-18 naik kasta ke Level A FIBA Asia pada 2017.

Saat itu, dia sebagai asisten pelatih dari pelatih kepala Arif Gunarto. “Kami memanggil Pemain Muda dan Pelatih Local Muda adalah untuk memulai regenerasi Tim. Kami tidak mau ketinggalan dalam mempersiapkan Tim utk SEA Games 2025, mengingat jangka waktu yg masih panjang, kita harus mulai mempersiapkan Atlit dan Pelatih Muda yg punya Visi jangka panjang di dalam Tim ini,” jelas Penanggung Jawab Timnas Putri Christopher Tanuwidjaja.