dbatlayar Resmi Merilis Single Badut Baru Setelah Viral di Media Sosial

dbatlayar
dbatlayar (Foto : Istimewa)

Antv – Berekspektasi terhadap sesuatu hal yang kita sukai tentu punya konsekuensi sendiri. Apalagi dengan adanya media sosial saat ini, dalam hal apapun, dengan mudah membandingkan kehidupan dan ekspektasi itu terbentuk dan dalam taraf yang sangat tinggi. Fenomena ini menjadi inspirasi karya lagu oleh kakak beradik, David C.R. Batlayar (Dave) dan Daniel Joy Gratia Batlayar (Joy).

Mereka yang menamakan duo dbatlayar menuangkannya dalam single terbaru mereka bertajuk Badut Baru yang baru dirilis hari ini (7/8) dan bisa didengarkan di semua digital streaming platform, tepat di ujung Hari Badut Sedunia atau clowns week yang diperingati tiap 1-7 Agustus.

Perumpamaan “badut” dalam merespon fenomena ini sangat berkait dengan banyak peristiwa yang terjadi. Mulai dari percintaan hingga situasi sosial dalam masyarakat. Dave dan Joy pun berhasil mengemasnya dalam balutan lirik dan komposisi musik yang apik.

Ada harmoni yang mengingatkan kita pada pop era 2000-an. Menggunakan lirik-lirik lirih yang terasa perkasa dan frontal dalam mengungkapkan perasaan. Simak saja dalam potongan bagian reff ini: “Oh ternyata ada dia dalam hatimu. Beri peluknya di harimu. Aku hanya badut hiburanmu yang baru. Terlalu mudah membuka hati. Untukmu yang tak pasti.”

“Badut identik dengan sosok yang bisa menghibur namun hanya satu arah. Dalam lagu ini, kami memposisikan ‘badut’ sebagai sudut pandang dari pendengar lagu ini. Terutama dari sudut pandang orang yang merasa rasa cintanya mendapat balasan dari orang yang ia cintai, padahal nyatanya tidak, karena orang yang ia cintai tersebut sudah memiliki kekasih,” ungkap Dave.

Lagu ini diciptakan mereka berdua di rumah mereka, di bilangan Mangga Besar, Jakarta pada bulan Januari 2023. Malam itu, Joy menemukan nada sambil memainkan gitar yang direspon dengan baik oleh Dave. 

Dalam keadaan hati yang sedang galau, Dave menyusun lirik dan menggabungkan dengan nada yang ditemukan oleh Joy dengan alat rekam dari handphone.