Film Sengkolo Malam Satu Suro Diangkat dari Kisah Nyata

Film Sengkolo
Film Sengkolo (Foto : IntipSeleb/ Wahyu Firmansyah)

Antv – Bersiaplah untuk merasakan ketegangan yang mendebarkan di bioskop mulai 20 Juni 2024 dengan film Sengkolo Malam Satu Suro. Dibintangi oleh Donny Alamsyah, Fauzan Nasrul, Anantya Kirana, Kenya Nindia, Nesia Weroza Puspa, Dasha March, Rahmet Ababil, dan Dayinta Melira, film ini mengangkat kisah nyata yang mencekam.

Produser film, Ody Mulya Hidayat, mengungkapkan bahwa film ini diangkat dari kejadian nyata yang terjadi di sebuah tempat yang tidak disebutkan. "Kami berharap teman-teman puas dengan film ini. Dibuat dengan sangat cepat, film ini terinspirasi dari kisah nyata sebuah keluarga yang meninggal secara tiba-tiba," kata Ody dalam konferensi pers di kawasan Epicentrum, Jakarta, pada Jumat, 14 Juni 2024.

Sutradara Hanny R. Saputra menambahkan, cerita ini sangat menarik karena menggabungkan kepercayaan lokal dari Jawa tentang Malam Satu Suro, yang dikenal sebagai malam di mana banyak hantu keluar. "Cerita ini sangat menarik karena dikaitkan dengan Satu Suro. Ada kepercayaan di Jawa bahwa malam Satu Suro banyak hantu keluar. Cerita ini mengisahkan seorang pemandi mayat yang berhenti setelah istri dan anaknya meninggal, namun harus kembali memandikan jenazah," jelas Hanny.

img_title
Donny Alamsyah. (Foto: IntipSeleb/ Wahyu Firmansyah)

Donny Alamsyah, pemeran utama dalam film ini, merasa tertarik dengan naskah film yang menurutnya sangat detail dan emosional. "Saya tertarik dengan adegan pembuka yang sangat hikmat, di mana pemandi jenazah dengan teliti menjalankan tugasnya. Pembukaan yang sangat syahdu ini merupakan penghormatan terakhir seorang manusia sebelum masuk ke liang kubur, dan menurut saya, itu adalah adegan yang sangat dahsyat," ujar Donny.

Film ini mengisahkan tentang Ibrahim, seorang pemandi jenazah yang kehilangan keluarganya dalam kejadian mengerikan dan akhirnya berhenti dari pekerjaannya. Saat sebuah keluarga kaya di kampungnya mati secara misterius, warga percaya itu akibat ilmu hitam. Tidak ada yang mau memandikan jenazah mereka, hingga akhirnya Pak Kades meminta bantuan Ibrahim. Meskipun awalnya enggan, Ibrahim setuju untuk membantu.

Setahun kemudian, Ibrahim menemukan petunjuk mengenai kematian keluarganya dan harus menghadapi kejahatan yang menantinya di rumah terkutuk tersebut. Pertanyaan besar adalah, akankah dia bisa melawan iblis dengan iman yang sudah lama hilang?