Bintang Pop Dunia Shakira Tersandung Kasus Dugaan Penipuan Pajak di Spanyol Sebesar Rp208,3 Miliar

Shakira Tersandung Kasus Dugaan Penipuan Pajak di Spanyol
Shakira Tersandung Kasus Dugaan Penipuan Pajak di Spanyol (Foto : Instagram)

AntvBintang pop dunia Shakira menghadapi lebih banyak masalah dari kantor pajak Spanyol setelah sebuah pengadilan di dekat Barcelona mengatakan akan memulai penyelidikan.

Mereka (pihak pengadilan) telah setuju untuk membuka investigasi atas kasus kedua dugaan penipuan pajak yang dilakukan oleh penyanyi asal Kolombia tersebut, Kamis (20/7/2023).

Shakira akan menghadapi persidangan pada tanggal yang akan ditentukan kemudian karena diduga gagal membayar pajak sebesar 14,5 juta euro (USD 13,9 juta - setara Rp208,3 miliar) atas pendapatan yang diperolehnya antara tahun 2012 dan 2014.

Atas tuduhan itu, mantan pacara pesepakbola dari klub Barcelona Gerard Pique itu telah membantah melakukan kesalahan.

Seorang hakim Spanyol telah setuju dengan jaksa penuntut untuk menyelidiki dua kemungkinan kasus penipuan pajak oleh Shakira dari tahun 2018.

Pengadilan mengatakan tidak memiliki informasi tentang berapa banyak uang yang dipertanyakan.

Kedua kasus tersebut ditangani oleh pengadilan di kota Esplugues de Llobregat, dekat Barcelona.

Kasus pertama yang akan disidangkan adalah mengenai tempat tinggal Shakira selama tahun 2012 hingga 2014.

Jaksa penuntut di Barcelona menuduh pemenang Grammy ini menghabiskan lebih dari separuh periode tersebut di Spanyol dan seharusnya membayar pajak di negara tersebut, meskipun kediaman resminya berada di Bahama.

Firma humas Shakira, Llorente y Cuenca, mengatakan dalam sebuah pernyataan dalam bahasa Spanyol bahwa sang artis selalu bertindak sesuai dengan hukum dan atas saran dari para penasihat keuangannya.

Firma tersebut juga mengatakan bahwa Shakira, yang kini tinggal di Miami, belum menerima pemberitahuan tentang penyelidikan kedua.

"(Shakira) sekarang fokus pada karir artistiknya di Miami dan merasa tenang serta yakin bahwa ia akan mendapatkan penyelesaian yang baik untuk masalah fiskalnya," kata perusahaan tersebut, seperti dikutip dari freepressjournal.in, Jumat (21/7/2023).



Shakira, yang memiliki nama lengkap Shakira Isabel Mebarak Ripoll, telah dikaitkan dengan Spanyol sejak ia mulai berkencan dengan pemain sepak bola yang sekarang sudah pensiun, Gerard Pique.