Pelajar Smp Labschool Rawamangun Turun Ke Jalan Bersihkan Sampah CFD

PELAJAR SMP LABSCHOOL RAWAMANGUN TURUN KE JALAN BERSIHKAN SAMPAH CFD
PELAJAR SMP LABSCHOOL RAWAMANGUN TURUN KE JALAN BERSIHKAN SAMPAH CFD (Foto : istimewa)

Antv – Ada yang berbeda dengan pemandangan di Car Free Day, Minggu (8/9/2024). Di ruas jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Menara BCA, sejak pagi terlihat didominasi oleh warna hijau muda. Warna tersebut adalah warna khas seragam olah raga SMP Labschool Rawamangun yang pagi itu dikenakan para pelajar saat mereka turun ke jalan. Bukan untuk berdemonstrasi, para pelajar terjun langsung ke area CFD untuk melakukan social movement atau gerakan sosial peduli lingkungan.   

Kegiatan yang dimulai dari pukul 06.30 WIB ini melibatkan sekitar 238 orang anak SMP Labschool Rawamangun Angkatan 33. Berkolaborasi dengan komunitas Operasi Semut ID, 

para pelajar melakukan pengumpulan sampah di beberapa titik lokasi area Car Free Day (CFD) Sudirman-Thamrin. Sampah yang terkumpul dari kegiatan operasi semut ini kemudian akan ditimbang  dan dipilah untuk dapat dikelola kembali.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari program Labscare SMP Labschool, dimana siswa/siswi  diharapkan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial yang manfaatnya dapat  dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kegiatan Labscare mengajarkan anak-anak untuk dapat turun langsung ke masyarakat dalam aktivitas sosial, ini (operasi semut) merupakan kegiatan awal. Nantinya akan ada kegiatan lain seperti mengajar di paud, kerja bakti di lingkungan tempat tinggal atau kegiatan sosial lainnya” jelas Fananah, Ketua Wakil Orang Tua kelas 7C.

 “Kegiatan CFD disukai banyak orang untuk berkumpul dan berolahraga, tapi seringkali masih banyak yang membuang sampah sembarangan. Jadi dalam  Operasi Semut anak-anak bukan hanya memindahkan sampah yang tercecer di ruang publik tapi juga mengajak masyarakat untuk tak meninggalkan sampah di sembarang tempat” lanjutnya.

Operasi Semut ID adalah Gerakan sosial positif di ruang publik untuk mengedukasi dan memberikan teladan kepada masyarakat. “Aktivitas membersihkan sampah di ruang publik sudah kami lakukan rutin sejak Januari 2022” jelas Apriyanto, selaku Program Manager Operasi Semut ID.