Festival Pena Antikorupsi (FesPA), Ajang Adu Gagasan Pencegahan Korupsi Terbesar di Indonesia

Festival Pena Antikorupsi
Festival Pena Antikorupsi (Foto : Istimewa)

Antv – Keberhasilan pencegahan korupsi tak bisa dipisahkan dari peran serta masyarakat. Bertolak dari pandangan ini, KPK menyelenggarakan Festival Pena Antikorupsi (FesPA) dengan periode lomba Agustus-September 2024.

Kompetisi ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa dan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk menyumbangkan gagasan pencegahan korupsi melalui tulisan. 

Festival ini tak hanya bermanfaat sebagai bahan pendukung pengambilan kebijakan antikorupsi, tulisan peserta dapat memperkaya bahan pendidikan antikorupsi, terutama terkait kontribusi warga masyarakat dalam pencegahan korupsi.

Peserta FesPA terbagi ke dalam dua kategori. Kategori pertama adalah kategori mahasiswa yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa dari jenjang D1 hingga S3 dengan jenis submisi karya tulis ilmiah.

Kategori kedua adalah kategori umum meliputi jurnalis, peneliti, pendidik, pegiat antikorupsi, mahasiswa, karyawan, dan pihak lainnya dari kalangan umum dengan karya tulis kreatif berbentuk esai. 

Meskipun berbeda dalam bentuk format karya tulis, kedua kategori penulisan ini diwajibkan menggunakan data yang tersaji pada laman pencegahan korupsi jaga.id sebagai sumber referensi utama, seperti MCP (Monitoring Center for Prevention), SPI (Survei Penilaian Integritas), JAGA (Jaringan Pencegahan Korupsi), Gratifikasi, dan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara).

Untuk memperkaya tulisan, peserta dapat menambahkan data dari sumber lain yang dapat dipertanggung-jawabkan, seperti surat kabar, jurnal, makalah, dan media online.