Kenal Lebih Dekat dengan SDGs Heroes: Kumpulan Anak Muda yang Terlibat dalam Upaya Mencapai Target

Kumpulan Anak Muda yang Terlibat dalam Upaya Mencapai Target SDGs
Kumpulan Anak Muda yang Terlibat dalam Upaya Mencapai Target SDGs (Foto : Istimewa)

Antv – Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) adalah agenda global yang disusun oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menuntaskan permasalahan global

SDGs memiliki 17 poin diantaranya menghapus kemiskinan, mengakhiri kelaparan, kesehatan yang baik dan kesejahteraan, pendidikan bermutu, kesetaraan gender, akses air bersih dan sanitasi, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, infrastruktur, industri, dan inovasi, mengurangi ketimpangan, kota dan komunitas berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, menjaga ekosistem laut, menjaga ekosistem darat, perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang kuat, serta kemitraan untuk mencapai tujuan.

Sebagai lembaga filantropi yang fokus dalam mengkader pemuda untuk peningkatan jiwa kepemimpinan, kepekaan sosial, serta kapasitas, Bakrie Center Foundation telah merancang berbagai program. Salah satu program BCF yang menyasar kepada peningkatan kualitas generasi muda yakni Campus Leaders Program. Sejak tahun 2020, hingga saat ini Campus Leaders Program berjalan sebanyak 8 angkatan.

Di penghujung masa magang Campus Leaders Program batch 8, BCF bersama Kamar Dagang & Industri (Kadin) Indonesia menyelenggarakan Konferensi Nasional: Pelibatan Aktif Pemuda dalam Upaya Mencapai SDGs di Indonesia. Konferensi nasional berlangsung selama 2 hari yaitu pada 25 dan 26 Juni 2024 secara hybrid di Menara Kadin, Jakarta. Dalam kegiatan ini, perwakilan TB Rangers, SDGs Heroes, mentor, dan dosen pembimbing lapangan turut hadir untuk memaparkan presentasi akhir dalam bentuk prosiding. 

Pada pelaksanaan hari kedua (26/6), Manager Pilar Pembangunan Sosial Sekretariat Nasional SDGs Bappenas, Sanjoyo hadir memberikan kata pengantar. Dalam kata pengantarnya, Sanjoyo menyampaikan beberapa poin penting terkait pentingnya peran pemuda dalam mewujudkan SDGs di Indonesia. 

“Anak muda merupakan agent of change yang mampu memberikan dampak signifikan terhadap perubahan dunia. Para SDGs Hero bisa berperan aktif dalam berbagai macam kegiatan mulai dari mengedukasi melalui media sosial, mengikuti kegiatan kerelawanan, juga melalui program magang. Para anak muda yang menjadi SDGs Heroes telah melakukan kontribusi nyata di masyarakat untuk mendukung proses mencapai value dari SDGs yaitu no one left behind,” jelas Sanjoyo dalam sambutannya. 

Konferensi Nasional Campus Leaders Program batch 8 diikuti oleh 16 lembaga sosial yang menjadi mitra implementator dalam magang dan praktikum Campus Leaders Program batch 8. Luaran dari konferensi nasional ini yaitu perilisan jurnal prosiding yang akan dipublikasikan melalui website BCF, www.bcf.or.id