Anak Muda Beraksi! Relawan SDGs Heroes Kampanyekan Kesehatan & Lingkungan di CFD Bundaran HI

Kampanye Kesehatan & Lingkungan
Kampanye Kesehatan & Lingkungan (Foto : Istimewa)

Jakarta – Puluhan relawan muda dari SDGs Heroes turun ke jalan saat Car Free Day Minggu, 9 Juni 2024 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan demi kesehatan.

Kegiatan ini diorganisir oleh TB Rangers Bakrie Center Foundation dan SR Konsorsium Penabulu STPI Provinsi Banten. Mereka adalah peserta magang bersertifikat dari Campus Leaders Program 8. Kegiatan ini merupakan perwujudan dari edukasi kepada masyarakat, yang selama ini rutin dilakukan melalui media sosial.

"Jadi tujuan acara hari ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan peserta volunteer dan menyebarkan informasi tersebut kepada masyarakat umum tentang kesehatan TBC dan lingkungan, terlebih hal-hal seperti ini merupakan indikator keberhasilan Sustainable Development Goals atau SDGs," ungkap Ayu Firiyal, salah satu TB Rangers yang menjadi bagian dalam panitia pelaksana.

Dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang seperti karton dan kertas bekas, para relawan SDGs Heroes menyampaikan pesan dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang mengikuti CFD. 

img_title
Kampanye Kesehatan & Lingkungan. (Foto: Istimewa)

Mereka mengajak masyarakat untuk terlibat dalam menjaga lingkungan, seperti dengan membiasakan mendaur ulang barang-barang yang masih bisa digunakan dan mengurangi penggunaan barang sekali pakai yang menjadi limbah. Menjaga kelestarian lingkungan sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit, baik menular maupun tidak menular.

"Aku tertarik ikut kegiatan ini karena interest sama tema yg diangkat sih kak tentang bahaya TBC yg menurut aku jarang banget disuarakan di publik, apalagi kan ini acaranya di CFD yg dimana ruang publik yg besar banget jadi sangat menarik dan relevan. Sebagai SDGs Hero, kedepannya aku tertarik ikut lebih banyak lagi kegiatan dari BCF," kata Reonald Purnama Purba, seorang mahasiswa yang menjadi relawan SDGs Hero.