Pj Sekda Sulsel - Deputi BPJS Kesehatan Wilayah IX Bahas Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan

Pj Sekda Sulsel - Deputi BPJS Kesehatan Wilayah IX Bahas Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan
Pj Sekda Sulsel - Deputi BPJS Kesehatan Wilayah IX Bahas Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan (Foto : Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Antv – Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Arsjad menerima kunjungan jajaran Deputi BPJS Kesehatan Wilayah IX di ruang kerjanya, Senin, 13 Mei 2024

Andi Arsyad mengatakan, pertemuan tersebut membahas terkait rencana rapat koordinasi yang rutin dilakukan minimal dua kali dalam setahun.

Dalam pertemuan itu disepakati beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam rapat tersebut.

"Antara lain, data terkait kepesertaan terutama hasil verifikasi kepesertaan BPJS setiap daerah termasuk dengan akreditasi puskesmas (sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), selain itu juga terkait bagaimana kesinambungan pemenuhan daripada apa yang menjadi kewajiban masing-masing pihak kabupaten/kota dan provinsi," ucapnya.

Yang tidak kalah pentingnya juga, sambungnya, bagaimana memaksimalkan upaya peningkatan layanan terkait dengan BPJS Kesehatan bagi masyarakat.

Terkait dengan masih adanya tiga daerah di Sulsel, yakni Kabupaten Sidrap, Kabupaten Bulukumba, dan Kabupaten Soppeng, yang keaktifannya dibawah 75 persen, Andi Arsjad mengaku akan meminta kehadiran ketiga daerah tersebut dalam rapat koordinasi nanti secara virtual.

"Nanti juga tentu meminta mereka hadir secara virtual untuk menyampaikan apa yang menjadi kendala-kendala dan upaya-upaya yang akan dilakukan memaksimalkan (keaktifannya) apalagi sekarang ini kita sudah UHC (Universal Health Coverage) tidak ada lagi alasan layanan BPJS Kesehatan ini tidak maksimal," tegasnya.

Sementara itu, Deputi Direktur BPJS Kesehatan Wilayah IX, Yessi Kumalasari menjelaskan, kedatangannya menemui Pj Sekda Sulsel untuk menyampaikan kondisi terkini terkait dengan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Sulawesi Selatan, sekaligus membicarakan beberapa hal yang dapat dikolaborasikan antara BPJS Kesehatan dengan Pemprov.