Amankan Natal dan Tahun Baru, 11 Pos dan 448 Personel Disiagakan Polres Lampung Selatan

Amankan Natal dan Tahun Baru, 11 Pos dan 448 Personel Disiagakan Polres Lampung Selatan
Amankan Natal dan Tahun Baru, 11 Pos dan 448 Personel Disiagakan Polres Lampung Selatan (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polres Lampung Selatan bersama instansi terkait lainnya gelar rakor di Aula Polres Lampung Selatan, Jumat (23/11/2023).

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin mengatakan, untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru, pihaknya akan mendirikan 11 Pos pengamanan dan menerjunkan 448 personel.

"Banyak aspek dan banyak faktor yang harus diantisipasi, karena jika berbicara Natal dan Tahun Baru berarti ada pengamanan tempat ibadah, pada saat umat kristiani melaksanakan ibadah Natal 2023," kata Kapolres Lampung Selatan saat membuka rakor kesiapan pengamanan, Jumat (24/11/2023).

Kemudian, lanjut Kapolres, yang perlu diantisipasi juga yaitu arus lalu lintas dampak libur panjang Natal dan Tahun Baru. Baik yang di jalur arteri maupun jalur tol.

Tak kalah pentingnya untuk diantisipasi adalah tempat rekreasi, seperti objek wisata pantai khususnya, yang memang paling banyak di Lampung Selatan.

"Untuk itu, menjelang menghadapi Natal 2023 dan tahun 2024 Polres Lampung Selatan mendirikan 2 pos pelayanan dan 9 pos pengamanan yang diisi oleh personil gabungan yang dilibatkan yakni Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan instansi pendukung lainnya yang ada di wilayah Lampung Selatan," beber AKBP Yusriandi.

Selanjutnya, mengenai pengamanan ibadah perayaan Natal 2023 umat Nasrani, Polres Lampung Selatan sendiri menerjunkan 448 personilnya, yang saat ini sudah mulai melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pengurus gereja.

"Jadi, harapan kami, dengan dibentuk tim pengamanan menyambut kesiapan hari raya Natal dan Tahun Baru mendatang ini supaya semuanya berjalan lancar, aman dan tanpa suatu halangan apapun baik itu untuk masyarakat yang dijaga pada saat beribadah maupun liburan akhir tahun maupun petugas yang melakukan pengamanan pada saat kegiatan berlangsung," tutup AKBP Yusriandi.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Lampung Selatan Kompol Tangguh Satya Buana, juga memaparkan kesiapannya dalam menghadapi antrian kendaraan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni dengan menggunakan kode hijau, kuning dan merah.

"Ya, kami juga sudah mempersiapkan semuanya dari sekarang untuk antisipasi melonjaknya pemudik baik pejalan kaki maupun kendaraan di pintu masuk pelabuhan Bakauheni," jelas Kompol Tangguh.