CEO Agro Investama Group, Petrus Tjandra: Biodiesel Jadi Pengganti Bahan Bakar Fosil pada 2045

Petrus: Biodiesel Jadi Pengganti Bahan Bakar Fosil pada 2045
Petrus: Biodiesel Jadi Pengganti Bahan Bakar Fosil pada 2045 (Foto : Istimewa via viva.co.id)

AntvCEO Agro Investama Group, Petrus Tjandra mengatakan Indonesia punya pengganti bahan bakar fosil, dan bisa berhenti menggunakan bahan bakar fosil pada 2045 mendatang, dengan memanfaatkan biodiesel.

Hal itu dijelaskan Petrus Tjandra saat memberikan pemaparannya di acara "Peran dan Kontribusi FMIPA UI dalam Pengembangan Riset dan Peningkatan Nilai Sawit Indonesia," yang digelar di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.

Petrus Tjandra juga menjelaskan, Indonesia punya industri kelapa sawit yang hasilnya bisa dimanfaatkan untuk biodiesel. Namun kapasitas produksi minyak sawit di Indonesia belum maksimal. 

Menurutnya, mendorong kapasitas produksi hingga mencapai 100 juta ton pada 2045 bukanlah hal yang mustahil. 

"Artinya di dua ribu empat lima akan ada produksi seratus juta ton minyak sawit. Sehingga kita punya renewable energy," ujar Petrus Tjandra, seperti dikutip dari viva.co.id, Kamis (17/8/2023).

Petrus menyebut, saat ini kapasitas produksi satu hektar lahan sawit hanya sekitar sembilan ton tandan buah segar. Padahal jika dikelola dengan maksimal, menurut calon anggota DPD RI itu satu hektar lahan sawit bisa menghasilkan hingga 25 ton tandan buah segar.

Kurang maksimalnya kapasitas produksi tersebut dikarenakan perawatan dan panen yang tidak  baik.