Ratusan Butir Petasan Siap Ledak Disita Polisi dari Tangan Seorang Pelajar di Kebumen

Ratusan Butir Petasan Siap Ledak Disita Polisi
Ratusan Butir Petasan Siap Ledak Disita Polisi (Foto : antvklik-Wahyu Kurniawan)

Antv – Seorang pelajar berinisial JG (15) warga Desa Kedungwaru, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, ditangkap polisi karena membuat ratusan petasan siap ledak.

Meski sudah banyak korban jiwa akibat ulah membuat dan bermain petasan, JG yang masih berstatus pelajar malah kedapatan membuat ratusan petasan berukuran besar.

Hal ini terungkap saat JG diamankan jajaran Reskrim Polsek Karangsambung, Jumat (21/4/2023) di rumahnya.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto dalam siaran persnya menyampaikan, JG diamankan lantaran kepemilikan 420 butir petasan siap ledak.

Remaja yang masih berstatus pelajar ini secara manual dengan alat seadanya dan kertas bekas koran berhasil membuat ratusan petasan dengan ukuran antara 2,5 inchi sampai dengan 7 inchi disembunyikan di sebuah rumah kosong dekat rumah JG.

"Polisi mengamankan batang bambu, pipa pralon, palu besi, 3 ons bubuk petasan, empat lembar bahan sumbu petasan, sebuah palu karet, dan sebuah corong penakar bubuk petasan," terang Heru saat dikonfirmasi, Sabtu (21/4/2023).

Heru menambahkan, pemeriksaan sementara polisi JG membuat ratusan petasan untuk dipakai sendiri saat perayaan lebaran. Polisi juga masih mendalami asal muasal bubuk mercon yang dimiliki JG.

"Sepertinya ratusan petasan ini untuk dipake sendiri saat perayaan lebaran dan tidak untuk dijual oleh JG. Dari mana obat mercon yang didapat masih diselidiki polisi," tandasnya.

Adanya kasus ini JG yang masih berstatus sebagai pelajar dilakukan pembinaan agar di kemudian hari tidak lagi bermain petasan.

Polres Kebumen sampai saat ini masih terus menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran petasan untuk meminimalisir terjadinya korban ledakan.