Pemprov DKI Akan Bahas Usulan Jarak 50 M Pemukiman dengan Depo Pertamina

Foto udara lokasi kebakaran depo Plumpang Jakarta Utara.
Foto udara lokasi kebakaran depo Plumpang Jakarta Utara. (Foto : Viva)

Antv –Pemprov DKI Jakarta akan membahas kembali usulan terkait jarak aman antara depo Plumpang, Jakarta Utara dengan pemukiman penduduk sekitarnya. Pemprov menginginkan adanya buffer zone. Dimana ada jarak antara batas depo dengan pemukiman yang terdekat.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan pihaknya pernah membahas soal buffer zone atau lokasi penyangga di antara depo Pertamina dengan pemukiman warga.

Pembahasan saat itu untuk mencegah kebakaran. Pembahasan lokasi penyangga ini dilakukan pada 2009 lalu. Ketika itu juga pernah terjadi kebakaran di Depo Plumpang tersebut.

"Dulu konsepnya 2009 pemerintah daerah tentunya dengan jajaran Forkopimda usul kepada Pertamina bahwa harus ada buffer zone," kata Heru kepada wartawan, dikutip Senin 6 Maret 2023.

Seperti dilansir dari Viva.co.id, lokasi penyangga itu, lanjut Heru, berencana akan dibuat antara Depo Pertamina dengan pemukiman warga berjarak kurang lebih 50 meter.

"Selebar 50 meter, kira-kira itu. Kita kembalikan ke Pertamina lagi," ucap Heru.

Sementara itu, Sekretaris Daerah atau Sekda DKI, Joko Agus Setyono memastikan Pemprov DKI akan membahas kembali lokasi penyangga di antara depo dengan pemukiman warga tersebut.