Curah Hujan Tinggi. Tanggul Sungai Jebol, 30 Rumah Terdampak

Curah Hujan Tinggi. Tanggul Sungai Jebol, 30 Rumah Terdampak
Curah Hujan Tinggi. Tanggul Sungai Jebol, 30 Rumah Terdampak (Foto : antvklik-Ronaldo Barmantyo)

Antv – Akibat curah hujan tinggi selama kurang lebih 2 jam, membuat tanggul sungai di Dusun Kasiran, Kelurahan Mlipak, Wonosobo, Jawa Tengah, jebol pada Rabu sore (04/01/23).

Jebolnya tanggul sungai mengakibatkan aliran air meluap masuk ke dalam puluhan rumah warga, bahkan  derasnya luapan air juga membuat beberapa rumah warga rusak parah.

“Curah hujan cukup tinggi terdampak tanggul sungai jebol. Berlokasi di Dusun Kasiran, ada beberapa rumah terdampak antara lain yaitu ada PJTKI, juga rumah-rumah penduduk,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Wonosobo, Bambang Triyono dalam keterangannya.

Dari data sementara BPBD Wonosobo Bambang juga menyebutkan, jebolnya tanggul sungai menyebabkan kurang lebih 30 rumah warga rusak.

“Hasil inventarisasi sementara, ini ada 30 unit rumah terdampak. Beberapa rumah mengalami jebol tembok karena luapan air. Ada pun rumah yang agak parah ini sejumlah 26 rumah,” katanya.

Meski belum ada warga yang mengungsi akibat dari banjir tersebut, namun pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Wonosobo tengah menyiapkan beberapa logistik seperti terpal, matras dan karpet untuk warga yang rumahnya terdampak banjir dari tanggul yang jebol tersebut.

“Sementara ini belum ada pengungsian, artinya bahwa perabotan rumah tangga hanya terendam air namun masih bisa difungsikan. Adapun untuk alas tidur untuk warga yang terdampak, kami sudah mempersiapkan untuk matras, terpal dan karpet,” tambahnya.