Warga Jakarta Utara Bersiap Hadapi Banjir Rob Akibat Gerhana Bulan

Ilustrasi banjir rob air laut di Jakarta Utara.
Ilustrasi banjir rob air laut di Jakarta Utara. (Foto : Viva)

Antv –Warga di pesisir wilayah Jakarta Utara seperti di Muara Angke , Penjaringan sudah dari sejak siang hari mempersiapkan menghadapi banjir rob air laut. Mereka berkemas memindahkan perabot rumahnya ke lokasi yang lebih tinggi atau ke lantai dua rumah mereka.

Warga mengaku khawatir dengan air laut yang masuk membanjiri rumah sehingga menyebabkan kerusakan barang berharga. Warga sudah dapat memprediksi jika terjadi gerhana bulan maka akan disusul banjir rob air laut.

"Gerhana biasanya rob, banjir bisa sampai setengah meter, masuk ke rumah. Kami kan takut, ini daerah dekat dengan laut, setiap bulan sekali kalau ada gerhana banjir gede," kata Diky saat dikonfirmasi, Selasa (8/11/2022).

"Setiap ada gerhana bulan banjirnya gede, air pasang lautnya selalu gede, sampai masuk ke rumah, makanya saya menaikkan barang-barang saya," lanjutnya.

Warga meminta pemda DKI Jakarta untuk memberikan solusi permanen agar mereka bisa terbebas dari banjir rob air laut.

Sementara itu Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memastikan pihaknya akan mengantisipasi ancaman banjir rob di kawasan pesisir pantai Jakarta Utara, seiring peringatan dini BMKG dan BPBD DKI Jakarta, yang menyatakan wilayah utara Jakarta akan dilanda banjir rob pada 8-14 November 2022.

"Pengurus RT/RW dan stakeholder kami kerahkan untuk bersinergi, bersiap siaga terjadinya rob pada gerhana bulan total ini," kata Ali saat dikonfirmasi, Selasa 8 November 2022.