Pemkab Garut Isolasi Kampung Kabur Pasien Positif Covid-19

Pemkab Garut Isolasi Kampung Kabur Pasien Positif Covid-19
Pemkab Garut Isolasi Kampung Kabur Pasien Positif Covid-19 (Foto : )
Isolasi kampung Cicurug, Kecamatan Cigedug ditetapkan Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kampung inilah tempat kabur pasien positif Corona yang akhirnya meninggal. Sementara Desa Hanjuang, Kecamatan Bungbulang dilakukan karantina desa.
Tim penanganan Covid-19 Garut, Jawa Barat, Rabu (22/4/2020) siang membubarkan kerumunan warga kampung Cicurug, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut.Mereka terkejut dan terbengong-bengong ada apa gerangan. Mereka belum tahu ada keputusan penting menyangkut kampung mereka.Pemerintah Kabupaten Garut resmi menerapkan isolasi kampung Cicurug!Kampung ini menjadi zona merah dan cluster baru setelah seorang pasien positif corona kabur dari ruang isolasi RSUD dr. Slamet, Garut akhirnya meninggal di kampung Cicurug ini.

Pasien ini pulang dari Bogor ke kampung Cicurug, Garut pada Rabu (18/3/2020). Saat tiba di Garut pria itu mengeluh sakit dan sempat berobat ke puskesmas di kampung.

Seminggu berlalu, penyakit yang diderita tak kunjung sembuh. Pasien kemudian kembali berobat ke Puskesmas dan dirujuk ke RSUD dr. Slamet, Garut. Di rumah sakit, dokter melakukan pemeriksaan epidemiologi. Diketahui pasien tersebut mengalami demam, sesak nafas dan sakit tenggorokan.

Ditetapkanlah pasien ini sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). Namun, saat hendak diisolasi, pasien kabur dari rumah sakit. Modusnya, berpura-pura meminta izin dokter untuk pergi ke toilet.

Di kampung Cicurug ada 120 orang yang berkontak fisik dengan pasien positif yang meninggal itu. Helmi Budiman, Wakil Bupati Garut menyatakan sampai hari ini baru sebagian warga Cicurug yang menjalani rapid tes Covid-19. Target tuntas adalah pekan ini. Sehingga status kesehatan semua warga segera diketahui.[caption id="attachment_311474" align="alignnone" width="1280"] Pemkab Garut Isolasi Kampung Kabur Pasien Positif Covid-19