Kejutan, Film Parasite dari Korsel Berjaya di Ajang Piala Oscar

(Foto : )
Film Parasite dari Korea Selatan berjaya di ajang Academy Awards atau Piala Oscar. Parasite dinobatkan jadi film terbaik Piala Oscar 2020. 
Ada kejutan dalam ajang penghargaan bergengsi perfilman Amerika Serikat yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, Amerika Serikat, Minggu (9/2/2020) malam waktu setempat.Film Parasite dari Korea Selatan meraih empat Piala Oscar, mengalahkan film-film unggulan lainnya.  Salah satunya lewat kategori Sutradara Terbaik, yang diraih Bong Joon-ho.Joon-ho mengalahkan sejumlah sutradara ternama dunia seperti Sam Mendes (1917), Martin Scorsese (The Irishman), Quentin Tarantino (Once Upon Time in Hollywood dan Todd Phillips (Joker).Sebelumnya, film ini juga menyabet penghargaan Oscar lewat kategori Film yang Bukan Berbahasa Inggris Terbaik serta kategori Skenario Terbaik.Dalam kategori Skenario Terbaik, lagi-lagi film ini mengalahkan film-film unggulan, yaitu Mariage Story, 1917 dan Once Upon a Time in Hollywood.Dan yang paling bergengsi, Parasite berhasil menyabet penghargaan Film Terbaik Piala Oscar 2020.Film ini mengalahkan delapan film  yang masuk nominasi. Delapan film itu adalah Ford v Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Woman, 1917, Once Upon Time in Hollywood dan Marriage Story.Sebelumnya film Parasite juga menyabet  Palme d'Or, kategori tertinggi di ajang Cannes Film Festival 2019.

Film Parasite mengisahkan kehidupan keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho), seorang supir, bersama istrinya,  Choong Sook (Jang Hye-jin) dan dua anak mereka yang sudah berusia belasan tahun.

Mereka tinggal di sebuah apartemen bawah tanah yang tak layak huni. Untuk hidup sehari-hari, mereka mengandalkan upah dari melipat kotak pizza.

Suatu hari, salah satu putra keluarga bernama Ki-woo mendapatkan pekerjaan sebagai guru les karena temannya melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Akhirnya, Ki Woo mulai bekerja sebagai guru les untuk anak perempuan dari keluarga kaya. Kedua keluarga yang berbeda strata ekonomi ini mulai berinteraksi dengan cara yang unik.

BBC, Reuters