Langkah Berani Anil Kapoor untuk Membela Hak Pribadi dalam Pertempuran Hukum

Langkah Berani Anil Kapoor untuk Membela Hak Pribadi dalam Pertempuran Hukum
Langkah Berani Anil Kapoor untuk Membela Hak Pribadi dalam Pertempuran Hukum (Foto : Instagram)

Antv – Aktor dan produser Anil Kapoor telah mengambil langkah hukum untuk menjaga privasi dan hak-haknya. Dia mengajukan gugatan di Pengadilan Tinggi Delhi agar orang tidak boleh menggunakan namanya, suaranya, tanda tangannya, gambar, atau atribut lain yang terkait dengannya secara eksklusif untuk keuntungan komersial atau pribadi tanpa izinnya.

Ini menunjukkan bahwa Kapoor sangat ingin menjaga nama baik dan identitasnya di tengah maraknya berbagi konten digital.

Berbagi pemikirannya tentang gugatan hukum ini, Anil Kapoor mengatakan, "Saya telah mengajukan gugatan di Delhi HC melalui pengacara saya, Ameet Naik, untuk melindungi hak-hak kepribadian saya termasuk nama, gambar, kemiripan, suara dan atribut-atribut lain dari kepribadian saya dari penyalahgunaan termasuk di media digital. Gugatan tersebut memiliki berbagai contoh penyalahgunaan atribut saya."

"Pengadilan telah, setelah sidang yang mendetail, memberikan perintah yang mengakui hak-hak kepribadian saya dan menahan semua pelanggar untuk tidak menyalahgunakan atribut kepribadian saya termasuk nama, gambar, kemiripan, suara, dll. tanpa izin saya dengan cara apa pun termasuk melalui kecerdasan buatan, pemalsuan, GIF, dll. Niat saya bukan untuk mengganggu kebebasan atau ekspresi siapa pun atau menghukum siapa pun. Kepribadian saya adalah hasil kerja keras saya dan saya telah bekerja keras untuk membangunnya. Dengan gugatan ini, saya mencari perlindungan atas hak-hak kepribadian saya untuk mencegah penyalahgunaannya dengan cara apa pun, terutama dalam skenario saat ini dengan perubahan cepat dalam teknologi dan alat-alat seperti kecerdasan buatan yang mudah disalahgunakan sehingga merugikan pemilik hak-hak tersebut," tambahnya.

Nama, kemiripan, suara, atau hal lain yang terkait dengan identitas Anil Kapoor tidak boleh digunakan oleh siapa pun untuk membuat barang, nada dering, atau produk lainnya. Ini adalah keputusan yang diambil oleh Hakim Prathiba M Singh.

Jika ada upaya untuk melanggar hak-hak Kapoor dengan cara seperti itu, Pengadilan juga telah memerintahkan bahwa tidak boleh menggunakan kecerdasan buatan untuk mengubah penampilannya atau menggunakan gambar-gambarnya dalam GIF demi mendapatkan uang atau kepentingan komersial.

Baru-baru ini, film terbaru Anil Kapoor, 'Thank You For Coming,' mendapat sambutan hangat saat ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Toronto. Film ini akan segera dirilis pada tanggal 6 Oktober 2023.