Modifikasi Maung Pindad untuk Paus Fransiskus Sesuai Arahan Prabowo

Rantis Maung yang akan dugunakan Paus Fransiskus di GBK Kamis 5/9/2024
Rantis Maung yang akan dugunakan Paus Fransiskus di GBK Kamis 5/9/2024 (Foto : Dok: Biro Humas Setjen Kemhan)

Antv – Mobil nasional kendaraan taktis (rantis) Maung besutan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi salah satu bagian penting dalam rangkaian kegiatan pemimpin gereja katolik dunia, Paus Fransiskus di Indonesia.

Rencananya, rantis Maung tersebut akan digunakan oleh Paus Fransiskus saat melalukan inspeksi dan menyapa umat dalam acara Misa Suci yang rencananya bakal digelar si GBK, Senayan, Jakarta pada Kamis (5/9/2024) mendatang.

img_title
Maung untuk Paus Fransiskus. (Foto: Dok: Biro Humas Setjen Kemhan)

Adapun jenis Maung yang disiapkan oleh Kementerian Pertahanan adalah Maung MV3. Maung tersebut telah dimodifikasi dengan warna putih dan memiliki fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan Paus Fransiskus menyapa umat Katolik di Indonesia.

Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan Prabowo dan Kemhan telah menyiapkan kendaraan khusus untuk Paus Fransiskus sejak tiga bulan lalu.

”Keseluruhan penyiapan kendaraan itu sesuai dengan arahan Bapak Menhan Prabowo Subianto,” kata Edwin kepada wartawan, Selasa (3/9/2024).

Proses penyiapan kendaraan tersebut dimulai sejak Mei 2024, dengan supervisi langsung dari Letjen TNI (Pur) Putranto selaku Komisaris PT Pindad dan bekerja sama dengan tim dari Vatikan.