Puncak Penyelenggaraan Piala Citrapreneur Digelar di Citra SEMASA Piknik 2024

Citra
Citra (Foto : Istimewa)

AntvCitra membuktikan komitmennya terhadap kemajuan perempuan Indonesia melalui program “Tangan-tangan Cantik Citra” yang kali ini mengapresiasi dan mendukung para perempuan yang berkarya di bidang kreatif. Di program ini, Citra menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI) dan SEMASA untuk membantu perkembangan usaha 135 UMKM berbasis ekonomi kreatif, dan memberikan penghargaan “Piala Citrapreneur” bagi 20 UMKM Perempuan Terbaik. Acara puncak penghargaan ini digelar di “Citra SEMASA Piknik 2024” pada 31 Mei-2 Juni 2024 di Taman Lapangan Banteng.

 

img_title
Citra. (Foto: Istimewa)

 

Citra memahami kecantikan perempuan Indonesia salah satunya terpancar dari tangan-tangan kreatif mereka yang telah menggerakkan industri dan ekonomi kreatif. Contohnya lewat peranan UMKM perempuan yang semakin menjadi primadona di industri kreatif Tanah Air. Dari 60,5% kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional, hampir 65% pelaku UMKM dimotori tangan-tangan cantik perempuan Indonesia. Kontribusi mereka bahkan diproyeksi akan mencapai USD 135 miliar pada 2025 . Namun di balik itu, masih ada banyak tantangan yang mereka hadapi, salah satunya adalah keterbatasan modal yang dialami oleh 40% UMKM perempuan. Demi mendorong sepak terjang mereka, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak. 

Untuk itu, Citra menjadikan program “Tangan-Tangan Cantik Citra” sebagai bentuk dukungan bagi para UMKM perempuan di bidang kreatif agar mereka mampu mengatasi berbagai tantangan sehingga menjadi semakin berdaya dan mandiri.

Inisiatif Citra disambut dan diapresiasi oleh Kemenparekraf RI karena sejalan dengan misi Pemerintah untuk membuka peluang yang makin inklusif pada industri ekonomi kreatif. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menuturkan, “Saya terus mendorong 3G: Gercep (Gerak Cepat) karena kita tidak bisa lagi hanya berjalan untuk mengejar Indonesia Emas 2045; Geber (Gerak Bersama) karena kita tidak bisa sendiri, harus merangkul kolaborator termasuk dunia usaha; dan Gaspol dengan meng-gas semua potensi yang dapat menciptakan lapangan usaha dan lapangan kerja. SEMASA sebagai salah satu event Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) adalah acara yang sangat spesial. Tahun ini juga jumlah tenant-nya meningkat, menunjukan bahwa ini event yang sangat strategis. Jadi saya mengapresiasi kerja sama SEMASA selaku inisiator dan penyelenggara ‘SEMASA Piknik’ dan Citra sebagai kolabulator utama. Semoga event ini berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”