Kampung Gembira Gembrong, Harapan Baru Warga Korban Kebakaran

Kampung Gembira Gembrong
Kampung Gembira Gembrong (Foto : Yustinus Bagus)

Antv – Pemukiman warga Pasar Gembrong yang berlokasi di Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, sempat mengalami kebakaran pada Bulan April 2022, namun kini telah memiliki wajah baru yang dikenal dengan nama Kampung Gembira Gembrong.

Kampung Gembira Gembrong ini terdiri dari 138 rumah warga korban kebakaran yang telah rampung direvitalisasi selama 3 bulan oleh Pemerintah Kota Daerah Administrasi Jakarta Timur. Revitalisasi ini pun menghabiskan dana sebesar 7,8 miliar, dari dana Baznas - Bazis Provinsi DKI Jakarta.

Dengan mengusung konsep pengembangan daerah tepian sungai (water front city), daerah ini digadang-gadang memiliki sistem drainase dan pembuangannya yang baik.

Jika Anda masuk ke dalam melihat Kampung Gembira Gembrong ini, maka Anda akan disuguhkan pemandangan bangunan rumah bertingkat 2 yang berwarna-warni dan tertata rapih di tepian sungai. Dan jika Anda melihat secara teliti, maka di setiap pintu rumah sudah diletakkan nama penghuni rumah atau bangunan itu. Bahkan dikatakan, penempatan nama pada setiap rumah itu sesuai dengan lokasi rumah sebelum terjadinya musibah kebakaran.

Surlan, salah satu warga yang mendapatkan rumah hasil revitalisasi ini mengatakan bahwa dirinya senang karena pihak provinsi hingga kota memperhatikan nasib para warga Pasar Gembrong korban kebakaran kemarin.

“Tanggapan saya luar biasa, Alhamdulillah rumah saya dibangun mewah begini, yang tadinya kumuh sekarang mewah begini,” ujar Surlan.

Namun hingga Hari Rabu Sore (5/10), Surlan mengatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan belum juga meresmikan lokasi ini.