Atasi Banjir Rob 37 Pompa Mobile Disiagakan di Jakarta Utara

Salah satu pompa mobile yang dikerahkan di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara untuk antisipasi banjir rob. (Antv / Restu W).
Salah satu pompa mobile yang dikerahkan di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara untuk antisipasi banjir rob. (Antv / Restu W). (Foto : )
Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara akan menyiagakan seluruh pompa hingga akhir Desember 2021.
Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara telah menyiapkan pompa mobil beserta personelnya untuk menangani banjir rob akibat pasang gelombang laut di Teluk Jakarta.Kepala Seksi Sarana Prasarana Pengendali Banjir Kota Administrasi Jakarta Utara, Frans Siahaan mengatakan ada total 37 pompa yang disiagakan untuk menangani rob di wilayah Jakarta Utara.“Ada 37, itu 20 unit pompa mobile dan 17 unit yang ditarik pada kendaraan,” ujar Frans saat ditemui ANTV di Pompa Waduk Sunter Utara, Selasa (7/12/2021).[caption id="attachment_502511" align="alignnone" width="4032"] Musim penghujan, Sudin SDA Jakarta Utara siagakan 37 Pompa Mobile. (Antv / Restu W)
Musim penghujan, Sudin SDA Jakarta Utara siagakan 37 Pompa Mobile. (Antv / Restu W)[/caption]Adapun pompa tersebut disebar di wilayah pesisir utara sejak tanggal 2 Desember. Pompa disiagakan diantaranya di Kamal Muara, Muara Angke, Muara Baru, Gunung Sahari, Sunter, Lodan, Sunda Kelapa, juga di Jalan R.E Martadinata.Frans juga menjelaskan cara kerja pompa mobile ini cukup efektif dalam menangani genangan yang disebabkan rob.“Pompa mobil ini kita impor langsung dari Belanda. Ini kegunaannya sangat efektif. Jadi begitu rob, air dilepas dari laut, setelah tinggi muka air turun artinya kan harus dipompa lagi untuk mempercepat debit jadi sangat efektif pompa ini,” jelas Frans.Adapun antisipasi ini menindaklanjuti prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait pasang air laut yang terjadi pada 2-9 Desember 2021.“ Pompa ini sebenarnya 24 jam disiagakan khususnya di musim penghujan seperti sekarang. Yang kita khawatirkan adalah pada saat tinggi muka air laut naik, turunlah hujan. Prediksi kan sampai 9 Desember, kemungkinan ada gerhana bulan di tanggal 19 jadi pompa ini disiagakan sampai akhir Desember,” ujar Frans.Selain itu Sudin SDA Jakarta Utara menyiapkan 54 pompa portable serta melakukan program pembuatan tanggul tanggul untuk menangani rob di wilayah Jakarta Utara. Restu Wulandari dan Wisnu Tresna | Jakarta Utara https://www.youtube.com/watch?v=SqZNDqKYG3c