Genjot UMKM dan Pariwisata, Gernas UMKM Bangkit Sambangi Daerah

germas 01 OK
germas 01 OK (Foto : )
Gerakan Nasional UMKM bangkit kunjungi daerah-daerah untuk membangkitkan kembali usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan destinasi-destinasi wisata yang dimilikinya.
Sebelum  mengunjungi Lampung dan Kalimantan Barat, tim Gernas UMKM bangkit kini mendatangi Kota Subulussalam, Aceh, untuk menyapa langsung para penggiat UMKM dan pariwisata di wilayah ini.
"Alhamdulillah saya berkesempatan keliling Indonesia dan dari kunjungan ke daerah-daerah kami menemukan fakta bahwa banyak pelaku UMKM yang terpuruk. Jadi kedatangan kami untuk menyemangati kawan-kawan pelaku UMKM, bahwa harapan itu masih ada, itu yang pertama," Kata Teguh Anantawikrama, Ketua Umum Gernas UMKM Bangkit.
Teguh menyebut, kehadiran Gernas UMKM Bangkit di daerah-daerah sebagai upaya untuk membantu para pelaku UMKM dan pariwisata untuk menggali dan menemukan potensi yang dimiliki daerahnya masing-masing.
"Bersama dengan unsur pemerintah daerah, kita sedang mencari produk-produk unggulan Subulussalam, tidak saja produk UMKM, kita juga mencoba mengembangkan produk-produk turisme, spot-spot turism dan lain-lain," katanya.
Menurut Teguh, saat ini ada 18 kementerian yang memiliki anggaran untuk UMKM. Akan tetapi perlu inisiatif dari daerah-daerah agar kebutuhan-kebutuhan UMKM itu bisa terdengar dan terlihat di kementerian.
“Minggu lalu saya dipanggil Kemenko PMK dan bantuan-bantuan itu memang ada, tidak hanya dalam bentuk dana, terkadang dalam bentuk pendampingan dan lain sebagainya. Alhamdulillah di Subulussalam ini ada sosok-sosok muda seperti salah satunya mas Ade Fadli ini (Ketua DPRK Subulussalam) yang aktif menggali potensi-potensi di daerah ini," jelasnya.
Teguh juga berharap kunjungan-kunjungan mereka bisa ikut menjadi pendorong bangkitnya UMKM dan terciptanya destinasi-destinasi wisata baru di daerah-daerah.
“Pak Menteri Pariwisata dengan sangat jelas mendorong daerah untuk menumbuhkan wisata-wisata baru yang tidak besar dalam jumlah tapi frekuensi  kunjungan orang cukup banyak. Besok kita rencanakan akan melihat beberapa lokasi yang berpotensi wisata, kita juga bakan melihat apa yang bisa kita lakukan dengan SDM yang ada disini," kata Teguh lagi.
Ketua DPRK Subulussalam, Ade Fadli Bintang mengatakan, kunjungan Tim Gernas UMKM Bangkit ini sesuai dengan arah kebijakan Walikota dan DPRK Subulussalam, yang ingin meningkatkan UMKM dan pariwisata dari segala sektor, dengan tidak hanya mengandalkan APBD Subulussalam namun juga memanfaatkan pergerakan langsung dari dari bawah, atau pelaku-pelaku UMKM dan pariwisata.
“Alhamdulillah Mas Teguh mau datang jauh-jauh untuk menggali potensi Subulussalam. Ini hadiah yang besar untuk Kota Subulussalam, karena kita memang butuh orang-orang peduli yang memiliki pengalaman dan kapasitas," tutup Ade.
Muhamad Roni | Subulussalam, Aceh