Polisi Amankan 6 Peserta Kongres HMI Terkait Ricuh Semalam

kongres hmi ricuh 2
kongres hmi ricuh 2 (Foto : )
Enam peserta Kongres XXXI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Gedung Islamic Center Surabaya, Jawa Timur, diamankan polisi pada Rabu (24/3/2021) dini hari. Penindakan dilakukan setelah terjadi kericuhan di arena kongres hingga menyebabkan kaca pintu gedung pecah. 
Keenam peserta kongres diamankan karena diduga melempari kursi dan menjadi sebab pecahnya kaca pintu gedung.  "(Keenam peserta Kongres HMI) sekarang masih dalam pemeriksaan," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta di lokasi kongres, Rabu, (24/3/2021). Kapolda Jatim menambahkan, keenam peserta kongres itu diamankan berdasarkan permintaan panitia. Berdasarkan laporan yang diperoleh, terdapat miskomunikasi antar peserta saat sidang pleno berlangsung di arena kongres pada Selasa malam kemarin. Miskomunikasi itu yang jadi pemicu kericuhan. 
Selain di dalam gedung, Nico mengaku pihaknya juga menerjunkan anak buahnya di luar gedung karena banyaknya kader HMI non peserta kongres yang datang dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Mereka sebagian sudah ditampung di tempat-tempat yang difasilitasi pemerintah daerah dan TNI/Polri.Sebelumnya, Ketua Badan Koordinasi (Badko) HMI Jawa Timur Yogi Pratama mengatakan bahwa ada sekira lima peserta kongres yang memaksakan kehendak agar seluruh perwakilan badko dihadirkan dalam sidang.Dalam kongres kali ini, hanya 12 dari total 20 Badko yang hadir di Surabaya.Kelima peserta itulah kata Yogi yang sejak awal ngotot sehingga jalannya kongres molor dan kemudian terjadi kericuhan. Ia mengakui bahwa izin gedung sudah berakhir pada Senin, (22/3/2021).Namun, panitia meminta perpanjangan waktu kepada Pemprov Jatim dan aparat setempat, juga pengelola gedung. Viva.co.id