Empat Pemain Persebaya Lolos Seleksi Program Garuda Select III

4 Pemain Persebaya lolos Seleksi Garuda Select III
4 Pemain Persebaya lolos Seleksi Garuda Select III (Foto : )
Empat pemain Persebaya lolos seleksi Program Garuda Select III. Mereka termasuk dalam 21 nama pemain yang dipilih oleh PSSI untuk mengikuti pemusatan latihan di Inggris selama 6 bulan.
Persebaya Surabaya berhasil meloloskan 4 pemainnya dalam program Garuda Select jilid 3 yang digelar sejak 27 Oktober hingga 3 November 2020. Keempat pemain Persebaya ini lolos seleksi dari 130 pemain yang mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi Program Garuda Select jilid 3.Sebelumnya enam pemain Persebaya U-16 mendapat panggilan langsung dari PSSI untuk mengikuti seleksi program Garuda Select III yang dipimpin langsung oleh Direktur Sepakbola Garuda Select Dennis Wise.Enam pemain muda Persebaya yang dipanggil mengikuti seleksi Program Garuda Select III yakni Wahyu Agung Drajat (PS Anak Bangsa), I Gusti Aditya Juli Antara (PS Anak Bangsa), I Gusti Made Rendy Sanjaya Putra (PS Semut Hitam), M Zaki Satriya (PS Bintang Timur), Arizal Danilo (PS Indonesia Muda) dan Fernando Pamungkas (PS Sakti).Keenam pemain Persebaya U-16 tersebut merupakan produk klub internal Persebaya. Mereka dipantau oleh Tim pemandu bakat PSSI saat tampil bersama skuad Elit Pro Academy (EPA) Persebaya U-16.Dari keenam pemain tersebut nama Wahyu Agung Drajat sebelumnya sempat ikut TC di Timnas U-16 tahap pertama. Sedang Fernando Pamungkas, tahun lalu sudah bergabung dalam tim Garuda Select II. Mereka kembali dipanggil oleh PSSI melalui Persebaya dan Askot PSSI Surabaya.“Untuk lima pemain mereka dipanggil lewat jalur Persebaya. Untuk Fernando dari Askot PSSI (Surabaya). Tetapi tidak ada masalah. Semua pemain klub internal kita (Persebaya),” kata Direktur Amatir Persebaya Saleh Hanifah.Keenam pemain Persebaya ini menjalani seleksi bersama 124 pemain lainnya dari berbagai klub di Indonesia pada 31 Oktober – 4 November 2020. Mereka tinggal di Alana Hotel Sentul Bogor selama menjalani seleksi yang dilakukan di Stadion Pakansari, Cibinong Kabupaten Bogor.Setelah menjalani tahapan seleksi dan bersaing dengan 124 pemain muda lain dari seluruh Indonesia, hanya empat dari 6 pemain Persebaya U-16 yang lolos seleksi Program Garuda Select jilid 3.Keempat pemain tersebut adalah Wahyu Agung Drajat Mulyono – Persebaya U-16, I Gusti Made Rendi Sanjaya Putra – Persebaya U-16, I Gede Aditya Juli Antara – Persebaya U-16 dan Fernando Pamungkas (PS Sakti/Garuda Select II).Sementara 2 pemain lainnya dikembalikan ke Persebaya. Kedua pemain yang dipulangkan adalah M. Zaki Satriya (PS Bintang Timur), dan Arizal Danilo (PS Indonesia Muda).Keempat pemain Persebaya bersama 17 pemain terbaik hasil seleksi yang dilakukan Dennis Wise dan Des Walker dengan bantuan tim pemandu bakat dari Program Garuda Select akan diboyong ke Inggris. Keberangkatan 21 pemain Garuda Select ke negeri Ratu Elizabeth ini direncanakan 20 November 2020.Dari dua kali proyek Garuda Select yang sudah berjalan, Persebaya Surabaya memang selalu mengirimkan wakilnya. Sebelumnya, tiga nama pemain Persebaya U-16 yang masuk dalam program Garuda Select II yakni Fernando Pamungkas, Vito Rendy Candra Ananda dan M Iqbal Pratama.
Program Garuda Select merupakan proyek PSSI untuk menjaring talenta muda berbakat Indonesia untuk dikirim dan digembleng selama 6 bulan di daratan Eropa khususnya di Inggris mulai 20 November 2020 hingga akhir Mei 2021. Garuda Select merupakan ikhtiar PSSI untuk akselerasi tim demi target lolos ke Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2030. Proyek ini, kali pertama diluncurkan pada Januari 2019. Garuda Select I bermaterikan para pemain jebolan Timnas U-16.Dalam Program Garuda Select I tercatat ada tiga pemain Persebaya yang terjaring untuk dikirim ke Inggris selama 5 bulan. Mereka terdiri dari M. Supriadi, Ernando Ari Sutaryadi dan Bryan Aldama. Supriadi dan Ernando saat ini kembali dipanggil Timnas U-19. Kedua pemain juga sudah tergabung di tim senior Persebaya.Sedang Bryan Aldama melanjutkan petualangan di Eropa. “Ini bagian investasi kami. Semoga para pemain bisa memanfaatkan kesempatan ini. Dan, suatu saat mereka bisa menjadi tulang punggung Persebaya,” pungkas Saleh.