Dian Ediana Rae Resmi Jadi Kepala PPATK yang Baru

kepala ppatk dilantik jokowi
kepala ppatk dilantik jokowi (Foto : )
Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melantik Dian Ediana Rae menjadi Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang baru.
Pelantikan Dian Ediana Rae menjadi Kepala PPATK digelar usai pelantikan Kepala BNPT di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020) pagi.
Pelantikan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona.
Dian akan melanjutkan masa jabatan Kepala PPATK periode 2016-2021, yang sebelumnya dijabat oleh Kiagus  Ahmad Badaruddin.
Badaruddin meninggal dunia pada 14 Maret 2020 pada usia 57 tahun karena sakit.  Ia menjabat sebagai Kepala PPATK sejak 26 Oktober 2016 menggantikan posisi M Yusuf yang habis masa jabatannya.
Sementara dalam keterangan tertulis PPATK, Dian Ediana adalah doktor bidang hukum ekonomi keuangan dari Universitas Indonesia.
Sebelumnya, Dian berkarir di Bank Indonesia dengan sejumlah jabatan. Antara lain Ia pernah menjabat Kepala Perwakilan Bank Indonesia di London pada tahun 2010-2013 dan Kepala Departemen Regional I Bank Indonesia pada periode tahun 2014-2016.
"Dian Ediana Rae akan memimpin PPATK hingga periode tahun 2021. Ia akan dihadapkan dengan sejumlah agenda strategis PPATK. Utamanya saat ini adalah membawa Indonesia sukses melewati proses Mutual Evaluation Review (MER) bersama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait," demikian keterangan tertulis PPATK.