Seperti Dibunuh, WNI Awak Diamond Princess Minta Dievakuasi Segera

wni di kapal pesiar diamond princess
wni di kapal pesiar diamond princess (Foto : )
WNI awak kapal Diamond Princess minta dievakuasi pemerintah segera. Mereka mengibaratkan, semakin lama tinggal di kapal pesiar itu seperti dibunuh pelan-pelan.
Awak kapal Diamond Princess asal Indonesia telah mengirim pesan agar pemerintah segera mengevakuasi mereka.Dalam video berdurasi satu menit delapan detik, permintaan para awak kapal ini ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.Mereka yang mengaku mewakili 74 awak kapal yang bertugas di kapal pesiar itu kini sangat khawatir akan kesehatan dan keselamatan masing-masing."Kepada Pak Presiden Jokowi yang terhormat, kami yang berada di Diamond Princess di Yokohama sudah sangat takut, ibaratnya dibunuh pelan-pelan.""Kami di sini untuk menghidupi keluarga di Indonesia. Jangan biarkan kami sakit dan mati perlahan-lahan karena kelamaan dievakuasi," kata salah satu awak kapal yang ada dalam video itu.Mereka juga meminta pemerintah tidak menjemput mereka dengan kapal laut yang dapat memakan waktu pelayaran hingga dua pekan sampai tiba ke Jepang.Awak kapal itu juga mengatakan jika kru asal Indonesia merupakan satu-satunya yang belum mendapat kepastian evakuasi. Keterangan ini mereka dapatkan dari kapten kapal sendiri."Kru dari negara lain, seperti India dan Filipina sudah mendapat kepastian evakuasi dari pemerintahnya. 
Kru dari India akan dievakuasi hari Senin (24/2/2020) dan kru dari Filipina akan dievakuasi pada hari Selasa (25/2/2020)," kata Sasa, salah satu awak kapal asal Indonesia Sebelumnya, Sasa mengaku jika banyak kru kapal asal Indonesia merasa sudah merasa "hampir putus asa" untuk bisa dipulangkan lebih awal.Dalam video sebelumnya, perwakilan awak kapal Indonesia mengaku mereka telah dites virus corona dan hasilnya negatif. Sementara empat awak kapal Indonesia yang dinyatakan positif virus mematikan itu telah dirawat di rumah sakit di Tokyo dan Chiba. ABC Indonesia