Iran Serang Tentara AS di Irak, Rudal Ini yang Dipakai?

rudal iran
rudal iran (Foto : )
Iran telah melancarkan serangan balasan dengan merudal pangkalan militer di Irak yang jadi markas tentara AS dan sekutunya. Apakah ini rudal yang dipakai Iran serang AS.
Seperti dilaporkan Press TV, stasiun televisi resmi Iran,  Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) telah merudal Pangkalan Angkatan Udara AS Ain al-Asad di Provinsi Anbar, Irak Barat, Rabu (8/1/2020) pagi waktu setempat.Serangan ini dilakukan setelah Teheran berjanji akan membalas pembunuhan Mayor Jenderal Qassem Soleimani oleh militer AS. IRGC menyebut akan merilis lebih rinci serangan terhadap target AS.IRGC juga mengancam akan menyerang daratan AS jika Gedung Putih membalas serangan tersebut.Sementara Gedung Putih memastikan, pangkalan udara strategis mereka di Irak telah diserang puluhan rudal dari permukaan ke permukaan.

Militer Iran memang dikenal memiliki sejumlah rudal yang memiliki jangkauan jauh. Bahkan pada Februari 2019, Iran meresmikan rudal permukaan ke permukaan bernama Dezful.

Seperti dilansir kantor berita Fars dari Iran, rudal balistik ini memiliki jangkauan 1.350 kilometer.  Diduga rudal jenis ini dipakai dalam serangan ke posisi tentara AS di Irak. Apalagi sebelumnya, rudal Dezful telah sukses diujicoba Teheran.Rudal Dezful merupakan peningkatan dari rudal yang disebut Zolfaghar yang memiliki jangkauan 700 kilometer. Produksi rudal ini dilakukan di bawah tanah guna mengantisipasi serangan dari pihak musuh.Sementara kantor berita Fars menyebut, rudal yang digunakan Iran untuk menyerang posisi militer AS di Irak adalah Fateh 313,  tipe rudal darat ke darat jarak pendek.Rudal ini merupakan pengembangan dari rudal Fateh 110 dan memiliki jangkauan maksimal mencapai 500 kilometer Rudal ini sudah digunakan militer Iran pada 21 Agustus 2015.
CNN, The Defense Post