Jokowi Puji Perancang Jembatan Lengkung Terpanjang Dunia

jembatan lengkung
jembatan lengkung (Foto : )
Pembangunan jalur LRT Jabodebek terus dikebut. Salah satu bagian tersulit konstruksinya adalah jembatan lengkung yang membentang di atas flyover Kuningan. Presiden Jokowi pun memberi selamat kepada perancangnya.
Jembatan lengkung yang membentang di atas flyover Kuningan Jakarta sudah tersambung. Jembatan ini diklaim merupakan bagian tersulit konstruksi jalur LRT Jabodebek,Dengan panjang mencapai 148 meter, jembatan lengkung beton ini diklaim merupakan yang terpanjang di dunia.Lewat akun Twitternya, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi, baik kepada kontraktor PT Adhi Karya, maupun kepada si perancang jembatan lengkung, seorang insinyur perempuan lulusan ITB, Arvila Delitriana.[embed]https://twitter.com/jokowi/status/1194794204884434944[/embed]

Pada Senin lalu, PT Adhi Karya Tbk telah melakukan pengecoran terakhir jembatan lengkung ini. Jembatan yang memiliki tipe box girder beton memiliki radius lengkung 115 meter..

Bahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berharap, desain jembatan lengkung ini dapat dipatenkan untuk dipakai di lokasi lain.
Sementara Museum Rekor Indonesia telah memberikan dua penghargaan untuk jembatan ini. Yaitu untuk Rekor Jembatan Kereta Box Beton Lengkung dengan Bentang Terpanjang dan Radius Terkecil di Indonesia.  Rencananya LRT Jabodebek akan beroperasi penuh pada 2021 dengan menggunakan kereta buatan PT INKA.