Ini Penjelasan Soal Presiden Jokowi Imam Shalat di Masjid Kabul

Jokowi shalat di Kabul (Foto : )

www.antvklik.com- Beredarnya dua foto Presiden Jokowi Imam Shalat di Masjid Kabul menjadi trending di media sosial dalam dua hari ini.Foto pertama  Presiden Jokowi Imam Shalat di Masjid Kabul, dan foto kedua Jokowi menjadi makmum. Nah kemudian banyak komentar yang mengatakan, jamaah merasa tak sempurna dengan bacaan shalat Jokowi lalu menggantinya dengan Imam Besar Masjid Kabul.Menanggapi kasak-kusuk itu Jokowi menjelaskan, pada saat itu dia mengikuti shalat Zuhur, yang dimami oleh Imam Masjid Kabul. Lalu pasa saat salat ashar tiba, sang imam mempersilakannya menjadi imam.[caption id="attachment_75362" align="aligncenter" width="300"] Presiden Jokowi Imam Shalat di Masjid Kabul [/caption]"Kemudian kita ingin jamak takdim untuk melanjutkan ke Ashar jadi saya maju,biasalah itu apa sih yang diramaikan,"kata Joko Widodo di depan para menteri pada Sidang Kabinet hari Rabu (31/1/2018).

Sebelumnya dalam video yang diedarkan oleh Biro Pers Istana Kepresidenan Indonesia, terlihat Jokowi menjadi imam di masjid Istana Kabul pada Senin (29/1). Ini adalah bagian dari agenda kunjungan selama enam jam Jokowi ke Kabul.
Sementara itu Komandan Paspampres Mayjen Suhartono kepada Antv menjelaskan,  saat  Imam besar dari Afghanistan memimpin shalat itu shalat Zhuhur. "Sementara foto Presiden yang menjadi Imam adalah sholat jamak takdim (sholat ashar dikerjakan setelah sholat Dzuhur), karena kita musafir punya kemudahan itu,"kata Suhartono.Suhartono mengisahkan, saat selesai sholat Dzuhur Presiden minta ijin pada presiden Afghanistan untuk melanjutkan sholat Ashar dijamak,  seperti biasa kalau kunjungan ke daerah-daerah, "Lalu presiden menoleh ke saya (Danpaspampres) yg ada di syaf belakang beliau dan berkata “kita lanjut sholat ashar dijamak Yaa ? saya jawab “siap ... !”" Lalu saya iqomah. Dan ini memang Sudah kami rencanakan sebelumnya, "katanya.Menurut Suhartono, protokol Afghanistan sudah diberi tahu kalau Presiden biasanya melaksanakan sholat jamak, dan  dsampaikan agar dikasih tahu Imamnya. "Saat saya iqomah imam besar mundur, sebagian jamaah mundur. Presiden Jokowi maju ke posisi Imam, rombongan dari Indonesia segera menempati syaf, namun ternyata imam besar, Presiden Afganistan dan sebagian jamaah dari mereka juga ikut sholat jamak takdim jadi makmumnya presiden Jokowi,"katanya.Selesai sholat Ashar 2 rakaat (diqoshor = sholat yg 4 rakaat disingkat menjadi 2 rakaat), setelah dua rakaat salam. Imam besar dan beberapa jamaah melanjutkan sampai empat rakaat (mereka hanya jamak tapi tidak qoshor).